Mom
·
19 April 2019 13:09

Lebih Baik Mana, Bayi Pakai Pelembap Setiap Hari atau Tidak?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Lebih Baik Mana, Bayi Pakai Pelembap Setiap Hari atau Tidak?  (22623)
Ilustrasi lotion untuk kulit bayi Foto: Shutterstock
Merawat kulit bayi tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kulit bayi sangat lembut dan halus. Setiap Ibu, pasti ingin merawatnya dengan seksama.
ADVERTISEMENT
Karena pandangan ini juga, ada sebagian orang yang percaya kulit bayi lebih baik tidak diberi losion atau pelembap kulit lainnya. Sementara sebagian orang justru menganggap bayi perlu pakai pelembab setiap hari. Lantas, mana yang benar dan lebih baik, ya?
Menurut Dr. Srie Prihianti, Sp.KK, PhD, FINSDV, FAADV, Ketua Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (KSDAI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia - PERDOSKI, kulit bayi 40-60 persen lebih tipis dari kulit orang dewasaa, sehingga cenderung lebih sensitif terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya. Akibatnya, kulit bayi juga jauh lebih sensitif dan rentan terhadap iritasi.
Hal itulah yang membuat kulit bayi justru perlu diberi pelembap setiap hari. Menurut Dr. Srie Prihianti, pelembap bayi justru termasuk perawatan kulit yang penting untuk si Kecil.
ADVERTISEMENT
"Jangan dianggap remeh, karena bukan hanya membuat bayi tidak nyaman tapi juga dapat sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak," pesan Dr. Srie Prihiantie.
Lebih Baik Mana, Bayi Pakai Pelembap Setiap Hari atau Tidak?  (22624)
Merawat kulit bayi yang sensitif Foto: Shutterstock
Meski begitu, sebelum mengoleskan produk pelembap ke kulit bayi, Anda harus mengetahui kandungan yang terdapat di dalamnya. Krim dan losion juga dapat menyebabkan ruam dan eksim atau memperburuk alergi. Jadi selalu cermati kandungan pada produk sebelum membelinya, Moms.
"Kasus dermatitis atopik pada anak yang tentunya mempunyai kulit sensitif di Indonesia ditemukan rerata sebanyak 11% - 15% dan berada diantara 10 penyakit kulit anak," ujar dr.Yantie, sapaan akrabnya.
Lalu, bagaimana cara memilih pelembap yang tepat? Anda dapat mengikuti panduan dari dr.Yantie, berikut ini:
“Pilih produk yang dapat meningkatkan fungsi kulit sebagai barier (penahan) yang mencegah terjadinya iritasi, alergi maupun infeksi serta membatasi hilangnya air dari dalam kulit. Misalnya yang memiliki kandungan lipid seimbang supaya efektif meningkatkan sifat barier dan kondisi klinis kulit pada lapisan kulit yang paling luar,” tegasnya.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, kandungan lipid pada produk perawatan kulit bayi yang bisa Anda perhatikan misalnya ceramide, kolesterol, dan asam lemak. Biasakan saja, Anda membaca label pada kemasan produk untuk memastikan kandungan tersebut.