kumparan
24 November 2019 13:05

Lebih Baik Mana, Ibu Hamil Konsumsi Buah Naga Merah atau Putih?

Ilustrasi Buah Naga, POTRAIT
Ilustrasi Buah Naga. Foto: Shutter Stock
Buah-buahan kaya akan vitamin, serat, dan mineral yang baik untuk ibu hamil. Salah satu jenis buah yang sangat baik dikonsumsi ibu selama kehamilan adalah buah naga, Moms.
ADVERTISEMENT
Buah yang berasal dari Meksiko Selatan dan Amerika Tengah ini memiliki dua jenis yang paling umum, yaitu buah naga daging merah dan buah naga yang dagingnya putih. Tapi, mana yang paling baik dikonsumsi ibu hamil di antara kedua pilihan ini?
Pada laman Healthline dijelaskan bahwa buah naga merah dan buah naga putih kaya akan vitamin C, serat, karbohidrat, antioksidan, karoten, zat besi dan sumber nutrisi lain seperti riboflavin. Adapun manfaatnya yaitu membantu tubuh ibu hamil menghasilkan energi, Moms.
Buah Naga Merah dan Putih, REVISI
Buah Naga Merah dan Putih. Foto: Shutter Stock
Hanya saja, buah naga merah sedikit lebih unggul kandungan vitamin C, antioksidan dan karotennya. Hal itu juga dikatakan oleh Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan - Fertilitas, Endokrinologi dan Reproduksi, Yassin Yanuar.
ADVERTISEMENT
"Buah naga merah lebih tinggi kadar vitamin C, karoten dan antioksidannya dibandingkan buah naga putih," ujar Dr. Yassin Yanuar Sp.OG-KFER, M.Sc pada akun Instagramnya.
Buah naga kaya akan nutrisi
Buah naga kaya akan nutrisi Foto: Pixabay
Meski begitu, bukan berarti buah naga merah adalah pilihan yang terbaik untuk ibu hamil, lho. Dengan kata lain, baik buah naga merah maupun buah naga putih adalah sama baiknya dikonsumsi calon ibu.
Sebagi tips tambahan, Anda bisa mengkonsumsinya dengan menyesuaikan maksud yang ingin dicapai. Bila tujuannya untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian, maka sebaiknya pilihlah buah naga merah yang kandungan vitamin C-nya lebih tinggi.
buah naga
buah naga Foto: Pixabay
Namun agar tidak bosan, Anda bisa mengkonsumsi buah naga merah dan buah naga putih secara bergantian setiap harinya atau justru mencampurnya dalam satu hidangan. Lezat!
ADVERTISEMENT
Baik dimakan langsung atau diolah menjadi jus segar, itu tak masalah. Anda juga bisa mencoba alternatif penyajian lain, seperti mencampur buah naga ke dalam yoghurt atau membuatnya menjadi campuran salad buah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan