kumparan
search-gray
Mom7 Agustus 2019 17:03

Lebih Baik Mana, Menitipkan Anak ke Kakek-Nenek atau Pengasuh?

Konten Redaksi kumparan
Lebih Baik Mana, Menitipkan Anak ke Kakek-Nenek atau Pengasuh? (4127)
ilustrasi anak dan nenek Foto: Shutterstock
Anak akan bersama siapa ya, saat Anda dan suami sudah waktunya sama-sama kembali pada rutinitas bekerja? Hal ini tentu tidak selamanya mudah dijawab bagi pasangan pekerja.
ADVERTISEMENT
Alhasil bila tetap ingin bekerja, tak sedikit yang mengambil jalan keluar dengan menitipkan anak pada kakek neneknya si kecil, sementara lainnya menggunakan jasa babysitter atau pengasuh.
Kedua pilihan ini bisa saja sama baik, namun untuk memutuskan salah satunya memang perlu Anda timbang dengan melihat sisi plus-minusnya, Moms.
Lebih Baik Mana, Menitipkan Anak ke Kakek-Nenek atau Pengasuh? (4128)
Pengasuh Anak Foto: Thinkstock
TigaGenerasi, pusat informasi dan konsultasi mengenai perkembangan diri, anak dan keluarga di Indonesia sejak 2015 pada bukunya yang berjudul Anti Panik Menjalani Kehamilan, mengulas plus minus menitipkan si kecil ke kakek nenek atau pengasuh.
Pertama, jika Anda menitipkan si kecil ke kakek neneknya, maka Anda tak perlu khawatir lagi soal keamanan. Ya, keamanannya lebih terjamin karena ditangani langsung oleh keluarga.
Kemudian, perkembangan dan kondisi anak juga dapat dipantau langsung oleh kakek neneknya. Hubungan antara si kecil dengan kakek neneknya juga lebih baik, tradisi dan nilai yang ada di keluarga juga dapat diperkenalkan dengan baik ke anak.
Lebih Baik Mana, Menitipkan Anak ke Kakek-Nenek atau Pengasuh? (4129)
Ilustrasi anak bersama kakek dan nenek Foto: Shutterstock
Meski begitu, menitipkan anak ke orang tua Anda atau suami juga ada nilai minus-nya, Moms. Pertama, mengingat usia kakek nenek sudah tak lagi muda, mereka mudah merasa kelelahan serta tidak terlalu waspada ketika mengasuk anak.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, Anda pasti akan sulit untuk menyamakan aturan yang Anda berikan dan orang tua pegang. Pun senada dengan cara asuh yang sekali dua kali tidak sama dan sejalan, sehingga kerap kali hubungan antara Anda dan orang tua jadi merenggang.
Bagaimana dengan pengasuh? Sisi plusnya, Anda dan suami tak perlu pusing soal siapa yang menjaga. Karena ada yang siap sedia menjaga si kecil seharian. Anda tak pun bebas rasa khawatir, bila sewaktu-waktu mesti lembur, sebab ada pengasuh yang memberi makan, memandikan dan memastikan si kecil tidur pada jam-jam yang Anda sudah tentukan.
Lebih Baik Mana, Menitipkan Anak ke Kakek-Nenek atau Pengasuh? (4130)
Pengasuh Anak Foto: Thinkstock
Soal gaya pengasuhan, boleh jadi pengasuh meneruskan hal-hal yang Anda inginkan saja, Moms. Sementara melihat sisi minusnya, anak dapat berisiko lebih dekat dengan pengasuh karena selalu bersama. Hal ini tak jarang membuat ibu merasa sedikit cemburu.
ADVERTISEMENT
Tentu saja bicara biaya, ada dana tidak sedikit bila Anda memutuskan menggunakan jasa babysitter.
Jadi, apakah Anda sudah tentukan pilihan, Moms?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white