kumparan
search-gray
Mom10 Maret 2018 11:03

Makanan Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Kembar

Konten Redaksi kumparan
Bumil Makan Sehat
Ibu hamil perlu konsumsi makanan sehat (Foto: Thinkstock)
Anda yang sedang mengandung anak kembar, maka akan mengalami kenaikan berat badan serta membutuhkan asupan nutrisi lebih dibanding ibu yang mengandung anak tunggal.
ADVERTISEMENT
Nutrisi ini merupakan nutrisi dasar yang juga dibutuhkan kehamilan tunggal di antaranya asam folat, kalsium, zat besi, karbohidrat, dan zat penting lainnya.
Calon ibu jelas perlu memerhatikan betul jumlah kalori ini, karena dari banyak kasus banyak bayi kembar yang lahir dengan berat rendah akibat kekurangan nutrisi.
Lalu apa sajakah, makanan yang dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil kembar?
Kacang-kacangan
Kacang kaya vitamin dan omega-3 yang bisa memasok cukup kebutuhan nutrisi bagi si calon anak kembar. Selain itu, protein dalam kacang juga dapat memenuhi kebutuhan protein sehari-hari calon ibu.
Yoghurt
Yoghurt mengandung banyak kalsium yang bisa membantu perkembangan tulang dan gigi bayi. Tidak hanya itu, kalsium dalam yoghurt juga berfungsi dalam menjaga kesehatan tulang punggung dan kaki ibu hamil, agar bisa menopang dua janin sekaligus.
ADVERTISEMENT
Telur
Telur kaya sejumlah nutrisi seperti vitamin, protein dan mineral, dan ini sangat bermanfaat bagi kehamilan kembar.
Bayangkan saja, Moms, satu porsi telur mengandung 347 kalori dan 31 gram protein, jumlah sebanyak ini tentu sangat berguna baik untuk ibu hamil maupun si janin kembar.
Ikan
Ikan memiliki kandungan vitamin E yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil kembar. Vitamin E berfungsi mengalirkan oksigen ke janin.
Perlu Anda ketahui, anak kembar membutuhkan suplai oksigen lebih banyak dibandingkan dengan kehamilan biasa.
Bayam
Bayam merupakan salah satu makanan yang mengandung nutrisi baik selama kehamilan kembar.
Kandungan zat besi yang sangat tinggi, membantu dalam pengembangan sel darah merah bagi janin kembar. Selain itu bayam juga mengandung vitamin A, vitamin C dan kalsium yang juga baik untuk tumbuh kembang janin.
ADVERTISEMENT
Sebaliknya, kekurangan zat besi membuat ibu rentan mengalami anemia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white