Mom
·
8 Juni 2021 8:49
·
waktu baca 2 menit

Makanan yang Sebabkan Gas dan Kembung Selama Kehamilan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Makanan yang Sebabkan Gas dan Kembung Selama Kehamilan (272519)
Ilustrasi ibu hamil mengalami perut kembung. Foto: Shutterstock
Perut kembung kerap jadi masalah bagi ibu hamil. Kondisi perut kembung selama kehamilan tentu menimbulkan rasa yang tidak nyaman, sehingga bisa menghambat aktivitas ibu hamil.
ADVERTISEMENT
Healthline melansir, meningkatnya kadar progesteron selama kehamilan mengendurkan semua otot di tubuh, termasuk otot-otot saluran pencernaan. Ini bisa memperlambat pencernaan, dan gas menumpuk di sistem yang menyebabkan bersendawa, dan perut kembung. Ini mengembangkan sensasi tidak nyaman di usus setelah makan besar.
Yang jadi penyebabnya?
Perut kembung yang biasanya terjadi pada akhir kehamilan sekitar minggu ke-29 disebabkan oleh pertumbuhan rahim dan lonjakan hormon, Moms. Rongga rahim menempati lebih banyak ruang di rongga perut, semakin mendorong perut dan mempengaruhi pencernaan.
Selain kadar progesteron yang meningkat dan rahim yang semakin membesar, ada faktor lain yang menyebabkan gas dan akhirnya menyebabkan kembung dan perut kembung selama kehamilan. Makanan tertentu cenderung menyebabkan lebih banyak gas daripada yang lain, sehingga menyebabkan kembung. Apa saja contohnya?
ADVERTISEMENT

Makanan yang Bisa Sebabkan Gas dan Kembung saat Hamil

1. Kacang-kacangan
Makanan yang Sebabkan Gas dan Kembung Selama Kehamilan (272520)
Kacang-kacangan Foto: Thinkstock
Mengutip Mom Junction, kacang-kacangan seperti buncis, lentil dan kacang polong adalah sumber serat yang bagus. Tetapi asupan makanan berserat tinggi yang berlebihan dapat menyebabkan perut kembung.
Jadi meski mengandung nutrisi yang baik, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan ini dalam jumlah yang berlebihan, Moms.
2. Biji-bijian
Makanan yang Sebabkan Gas dan Kembung Selama Kehamilan (272521)
Biji bunga matahari. Foto: Pixabay
Biji-bijian seperti bunga matahari dan adas juga akan menghasilkan gas di usus besar. Tentu ini akan membuat perut terasa kembung jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.
3. Buah-buahan
Makanan yang Sebabkan Gas dan Kembung Selama Kehamilan (272522)
Ilustrasi ibu hamil memilih buah-buahan. Foto: shutterstock
Buah-buahan merupakan makanan yang kaya akan nutrisi baik untuk ibu hamil. Tapi beberapa jenis buah rupanya dapat menyebabkan gas dan kembung, lho.
Buah seperti apel, mangga, kismis, plum, ceri, semangka, dan persik mengandung karbohidrat yang tidak dapat diserap tubuh dan turun ke usus besar, lalu menimbulkan gas dan kembung. Selain itu, jus buah yang mengandung fruktosa juga menyebabkan gas dan kembung.
ADVERTISEMENT
4. Gandum
Makanan yang Sebabkan Gas dan Kembung Selama Kehamilan (272523)
Ilustrasi biji gandum Foto: Thinkstock
Gandum, dedak gandum, dan produk gandum dapat menyebabkan fermentasi di usus besar, sehingga menyebabkan gas dan kembung.
5. Pemanis buatan
Pemanis buatan seperti sorbitol yang ditemukan di beberapa makanan dan minuman bisa memicu pembentukan gas dan kembung. Sehingga, ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman kalengan yang mengandung gas.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis