Manfaat Ajari Anak Melipat Pakaian

1 Oktober 2022 19:01 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi mengajari anak melipat pakaian. Foto: PR Image Factory/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengajari anak melipat pakaian. Foto: PR Image Factory/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada banyak hal yang perlu diajarkan orang tua terhadap anak sejak dini. Mulai dari kemampuan bertahan hidup, bersosialisasi, memecahkan masalah, kontrol diri, hingga kemampuan untuk berpikir kritis terhadap suatu hal.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, salah satu keterampilan sederhana yang penting untuk diajarkan pada anak-anak adalah melipat pakaian. Hal ini menjadi penting, sebab, tidak selamanya anak mengandalkan orang tuanya untuk mengurus semua kebutuhan pribadinya. Akan tiba waktunya di mana si kecil perlu bertanggung jawab pada semua hal yang menjadi miliknya.
Bukan sekadar aktivitas biasa, mengajari anak melipat pakaian juga bisa memberikan banyak manfaat untuk mendukung tumbuh kembang si kecil, seperti dikutip dari Parents Highlights.

Manfaat Ajari Anak Melipat Pakaian

Ilustrasi mengajari anak melipat pakaian. Foto: PR Image Factory/Shutterstock
Melatih tanggung jawab
Moms, penting bagi Anda untuk melatih anak agar bertanggung jawab dengan barang-barang yang menjadi miliknya. Salah satu caranya adalah dengan mengajari si kecil untuk membereskan mainan, kamar tidur, dan melipat pakaiannya sendiri. Hal ini akan menstimulasi rasa kepemilikan anak terhadap benda-benda tersebut, sehingga ia akan berusaha dengan lebih baik untuk menjaganya tetap rapi pada tempatnya.
ADVERTISEMENT
Belajar mandiri
Benar, anak-anak memang membutuhkan bantuan orang tuanya untuk melakukan segala hal sebelum mereka tumbuh dewasa. Namun, tidak selamanya ibu dan ayah perlu turun tangan untuk membantunya. Ada saatnya anak harus melakukan semuanya sendiri di masa depan.
Oleh karena itu, melatih anak untuk belajar mandiri sejak dini menjadi penting. Ini bisa dilakukan melalui aktivitas sederhana seperti melipat pakaiannya sendiri atau mengambil keperluan sekolah dan memasukkannya ke dalam tas untuk besok pagi. Dengan begitu, si kecil akan tumbuh menjadi sosok yang tangguh dan mandiri.
Ilustrasi mengajari anak melipat pakaian. Foto: PR Image Factory/Shutterstock
Meningkatkan kemampuan motorik
Anak-anak yang masih berada dalam masa tumbuh kembang membutuhkan stimulasi lebih banyak setiap harinya. Nah, aktivitas sederhana yang melibatkan gerakan tangan ini akan membantunya meningkatkan kemampuan motorik kasar dan halusnya. Gerakan melipat baju akan mendorong tangan anak untuk lebih tangkas. Ini juga membutuhkan koordinasi tangan dan mata yang baik, sehingga bentuk lipatan bisa berada pada pola yang tepat.
ADVERTISEMENT
Melatih konsentrasi
Aktivitas melipat baju mungkin bukan hal mudah bagi anak-anak. Jika mereka melipat ke arah yang salah, pakaian justru bisa terlihat lebih berantakan. Oleh karena itu, dibutuhkan konsentrasi yang baik saat ia memperhatikan setiap langkah yang dilakukan ibu untuk melipat baju. Kemampuan konsentrasi yang baik ini nantinya akan dibutuhkan anak ketika sudah memasuki dunia pendidikan. Sehingga, si kecil bisa lebih fokus pada pelajaran yang didapatkannya, Moms.
Meningkatkan ikatan dengan orang tua
Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan orang tua dan anak untuk meningkatkan bonding. Salah satunya adalah mengajak anak untuk terlibat dalam pekerjaan rumah tangga, seperti menyiram tanaman, mencuci piring, hingga melipat pakaian.
Ajaklah anak untuk mengobrol santai dengan menanyakan banyak hal, seperti baju atau celana kesukaannya, keinginannya memiliki pakaian baru, atau sekadar bertanya tentang perasaannya saat membantu ibu melipat pakaian. Dengan begitu, anak akan menganggap melipat pakaian merupakan aktivitas yang menyenangkan.
ADVERTISEMENT