Mom
·
22 Juli 2021 14:10
·
waktu baca 2 menit

Manfaat Bernyanyi untuk Si Kecil seperti yang Dilakukan Anak Tasya Kamila

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manfaat Bernyanyi untuk Si Kecil seperti yang Dilakukan Anak Tasya Kamila (79787)
searchPerbesar
Manfaat Bernyanyi untuk Si Kecil seperti yang Dilakukan Anak Tasya Kamila. Foto: Instagram/@tasyakamila
Ada banyak kegiatan yang dapat menunjang tumbuh kembang anak. Selain bermain, apakah si kecil suka mengisi waktunya dengan bernyanyi? Ya, beberapa anak suka melakukan hal itu, termasuk anak dari selebriti Tasya Kamila, Arrasya Bachtiar.
ADVERTISEMENT
Pada salah satu unggahannya di Instagram, Tasya membagikan beberapa video yang memperlihatkan anaknya yang kini berusia 2 tahun 2 bulan itu tengah bernyanyi. Mulai dari lagu Bintang Kejora, Kebunku, Naik-naik ke Puncak Gunung, hingga Tik Tik Bunyi Hujan. Gemasnya!
"#KonserPiyamaArrasya 🤗🤗 Tapi kenapa seringnya ngasal-ngasalin liriknya siiih," tulis Tasya Kamila di keterangan unggahannya tersebut.
Meski ia belum bisa memahami arti lagu maupun ucapannya masih belum lancar, rupanya kegiatan bernyanyi yang dilakukan Arrasya memiliki beragam manfaat untuk perkembangannya, lho! Bernyanyi sendiri merupakan kegiatan yang dapat mendorong anak untuk mengekspresikan emosi mereka dan mempertajam kemampuan mereka untuk berkomunikasi sambil melatih gerakan bibir dan lidah.
Bila anak Anda juga suka bernyanyi, yuk, dukung hobinya itu karena ada berbagai manfaat yang didapat, seperti:
ADVERTISEMENT

Manfaat Bernyanyi untuk Anak

1. Meningkatkan Kosakata Anak
Manfaat Bernyanyi untuk Si Kecil seperti yang Dilakukan Anak Tasya Kamila (79788)
searchPerbesar
Ilustrasi orang tua bernyanyi bersama anak. Foto: Shutter Stock
Dikutip dari The School Run, Matthew Freeman, manajer pengambangan dari Sing Up --proyek bernyanyi nasional di London, Inggris menjelaskan bahwa nyanyian dapat menjadi alat pengajaran yang bagus untuk anak-anak.
Bernyanyi bisa digunakan sebagai cara kreatif dan juga menyenangkan untuk meningkatkan kosakata anak. Bila dalam satu hari kita bisa mengenalkan si kecil satu lagu, maka kita juga mengenalkan 5-8 kosakata baru pada mereka.
2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Bernyanyi juga membangun rasa percaya diri anak. Saat anak merasa memiliki kemampuan bernyanyi, mereka tidak akan segan untuk memamerkannya di depan orang-orang. Ini pun baik untuk membangun rasa percaya diri si kecil, Moms.
3. Melancarkan Sirkulasi Darah
Manfaat Bernyanyi untuk Si Kecil seperti yang Dilakukan Anak Tasya Kamila (79789)
searchPerbesar
Ilustrasi orang tua bernyanyi bersama anak. Foto: Shutter Stock
Tak hanya bermanfaat bagi psikologis anak, bernyanyi juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh si kecil karena bisa melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Mengapa? Karena saat bernyanyi, semua otot wajah dan leher akan bergerak, sehingga hal ini akan membuat aliran darah jadi lancar dan pasokan oksigen ke jantung juga tidak akan berkurang.
ADVERTISEMENT
4. Pandai Bersosialisasi
Bernyanyi juga bisa membuat anak jadi lebih pandai dalam bersosialisasi. Seperti yang dikatakan sebelumya, anak yang bisa bernyanyi akan berusaha untuk memamerkan kemampuannya tersebut dengan cara ikut lomba kontes menyanyi, mengikuti pertunjukan drama musikal maupun ikut dalam kelompok paduan suara misalnya.