Mom13 September 2020 16:55

Manfaat Blewah untuk MPASI Bayi

Konten Redaksi kumparan
Manfaat Blewah untuk MPASI Bayi (734973)
bayi makan - POTRAIT Foto: Shutterstock
Ada banyak jenis buah-buahan yang bisa dipilih ibu sebagai makanan pendamping ASI atau MPASI bayi, salah satunya adalah blewah. Rasanya yang tidak terlalu manis tapi menyegarkan ini, ternyata memiliki banyak manfaat untuk bayi.
ADVERTISEMENT
Dilansir Solid Starts, blewah mengandung tinggi vitamin A, vitamin C, beta-karoten, mengandung banyak air, kalsium, magnesium, fosfor, dan folat yang baik dikonsumsi untuk mendukung tumbuh kembang anak. Tak hanya bisa diolah menjadi puree, Anda juga bisa menyajikan blewah sebagai finger food, Moms.
"Melon atau blewah, boleh konsumsi oleh bayi yang berusia 6-8 bulan dalam bentuk puree. Sedangkan untuk bayi yang lebih besar yakni 10-12 bulan bisa dipotong sebagai finger food," kata Dokter Spesialis Gizi, dr. Diana F. Suganda, SpGK, M. Kes, beberapa waktu lalu.
Lantas, apa saja manfaat blewah bagi kesehatan bayi Anda?
Manfaat Blewah untuk MPASI Bayi (734974)
Ilustrasi Buah Blewah Foto: Shutterstock/Brent Hofacker

Manfaat Blewah untuk Makanan Bayi

1. Membentuk Saraf Bayi

Blewah adalah buah yang memiliki sumber vitamin esensial yang baik seperti vitamin A, C, K, thiamin, niasin, folat, asam pantotenat dan lain-lainnya. Sehingga buah ini sangat sehat bila dikonsumsi oleh anak, sebab zat-zat tersebut bisa mendukung perkembangan sistem saraf bayi.
ADVERTISEMENT

2. Penglihatan Bayi

Blewah mengandung zea-xanthin dan karotenoid yang membantu melindungi tubuh bayi dari radiasi UV berbahaya yang masuk ke mata bayi.

3. Menangkal Radikal Bebas

Buah ini adalah sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam blewah, berfungsi sebagai agen penetral radikal bebas.
Manfaat Blewah untuk MPASI Bayi (734975)
llustrasi bayi makan buah. Foto: Shutterstock

4. Menangani Masalah Pencernaan Bayi

Beberapa bayi mungkin mengalami masalah pencernaan. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan di dalam perut bayi belum berkembang dengan baik. Oleh sebab itu, blewah sangat cocok untuk dijadikan makanan bayi. Beberapa studi menunjukkan bahwa blewah bisa meringankan gejala asam lambung pada anak.

5. Melindungi Hati

Salah satu khasiat blewah adalah melindungi hati. Bayi dan anak-anak terkadang bisa terkena penyakit hati seperti hepatitis. Nah, memberikan blewah bisa melindungi hati bayi agar tetap sehat.
ADVERTISEMENT

6. Anti-inflamasi

Blewah juga memiliki sifat anti-inflamasi. Peradangan bisa terjadi karena rangsangan berbahaya, kerusakan sel dan akibat iritan. Beberapa dari peradangan ini dapat dikurangi dengan mengonsumsi buah blewah, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white