Mom
·
26 September 2019 17:07

Manfaat Buah Peach Alias Persik untuk Makanan Bayi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manfaat Buah Peach Alias Persik untuk Makanan Bayi (83143)
Ilustrasi buah peach jadi makanan bayi Foto: Shutterstock
Ada banyak jenis buah yang bisa dijadikan makanan bayi atau makanan pendamping ASI (MPASI). Tetapi saat memilihnya, Anda perlu waspada karena ada juga buah yang sebaiknya tidak diberikan sebelum bayi berusia 1 tahun.
ADVERTISEMENT
Salah satu buah yang mungkin ingin Anda olah menjadi makanan bayi adalah peach alias persik. Buah peach memang mengandung banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Sebut saja, serat, kalsium, vitamin C, kolin, vitamin A, vitamin E, vitamin K, vitamin B, tinggi asam folat, dan fosfor. Bubur yang juga tinggi kandungan air ini sangat bagus diberikan kepada bayi Anda yang mungkin memiliki masalah sembelit.
Lantas umur berapa bayi boleh makan buah peach?
Anda boleh memberikan buah dengan rasa manis asam menyegarkan ini pada bayi sejak usia 6 bulan. Sebelum berusia 6 bulan, bayi sebaiknya hanya diberi ASI saja dan jangan dulu dikenalkan dengan makanan padat.
Nah Moms, berikut adalah manfaat buah peach untuk makanan bayi, seperti dikutip Mom Junction:
Manfaat Buah Peach Alias Persik untuk Makanan Bayi (83144)
Ilustrasi buah peach. Foto: pixabay
Bermanfaat untuk Kesehatan Mata
ADVERTISEMENT
Buah peach berukuran sedang mengandung banyak vitamin A dan C, serta antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, dan beta-cryptoxanthin. Nutrisi-nutrisi ini sangat baik untuk perkembangan penglihatan mata dan kesehatan mata bayi Anda.
Menjaga Bayi Terhidrasi
Buah persik yang matang mengandung 85 persen air di dalamnya. Sehingga, jika diolah jadi makanan bayi, bisa membantu si kecil tetap terhidrasi dengan baik.
Baik untuk Peredaran Darah
Kandungan kalium yang berlimpah dalam buah persik sangat baik untuk sistem sirkulasi darah pada bayi.
Tidak Memiliki Natrium
Konsumsi natrium yang berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan ginjal bayi sebab organnya belum mampu memproses mineral secara baik. Persik merupakan salah satu buah yang tak mengandung natrium di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Persik mengandung fluoride yang sangat penting untuk perkembangan tulang dan gigi bayi yang sehat. Asupan fluoride yang cukup mampu untuk mencegah karies gigi atau kerusakan gigi. Buah ini juga mengandung fosfor dan kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang si kecil, Moms.
Manfaat Buah Peach Alias Persik untuk Makanan Bayi (83145)
Ilustrasi makanan bayi yang terbuat dari buah persik Foto: Shutterstock
Nah buah persik memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bayi. Namun sayangnya, bagi bayi yang memiliki riwayat alergi, pemberian buah persik sebagai makanan bayi sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter, Moms. Dilansir Being The Parent, persik adalah buah dari tumbuhan 'Rosaceae' yang dikenal bisa menimbulkan reaksi alergi.
Bila bayi Anda alergi buah apel, ceri, aprikot, atau kacang almond, kenari, dan hazelnut, kemungkinan ketika ia memakan buah persik akan menimbulkan reaksi alergi yang sama, sebab semuanya berasal dari jenis tumbuhan yang sama pula. Jadi, jika bayi mengalami gejala-gejala ini setelah mengkonsumsi buah peach segera hubungi dokter, Moms:
ADVERTISEMENT
- Merasa terengah-engah dengan mengi atau saat mengambil nafas panjang
- Timbul bisul merah kecil di kulit secara berkelompok
- Ada pembengkakkan di bibir, lidah, dan leher
- Nyeri di perut dengan muntah dan diare
- Terlihat lemas dan kelelahan