kumparan
15 Oktober 2019 13:23

Manfaat Kacang Panjang untuk Makanan Bayi

Ilustrasi kacang panjang
Ilustrasi kacang panjang. Foto: Shutterstock
Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa dijadikan variasi menu makanan bayi, salah satunya adalah kacang panjang. Kacang yang juga dikenal di luar negeri dengan nama longyard bean ini, juga kaya akan nutrisi yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan si kecil.
ADVERTISEMENT
Mengutip Health Benefits Times, dalam 100 gram kacang panjang, terdapat 47 kalori, 4 miligram natrium, 8 gram karbohidrat, dan 3 gram protein tanpa lemak dan kolesterol. Selain itu, kacang panjang juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin B1, vitamin B2, fosfor, besi, riboflavin, pektin, dan serat yang tentunya bagus untuk pencernaan si kecil, Moms.
Oleh karena itu, tak ada salahnya mengolah kacang panjang jadi makanan bayi, Moms. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat anak jika rutin mengkonsumsi kacang panjang.
bayi makan
Memberi bayi makan MPASI kacang panjang. Foto: Shutterstock
Kesehatan Kulit Bayi
Kacang panjang mengandung tinggi vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit bayi. Selain itu, vitamin C juga berperan penting untuk pertumbuhan ligamen, pembuluh darah, dan otot tendon bagi bayi.
ADVERTISEMENT
Mencegah Diabetes
Hampir semua jenis sayuran seperti kacang panjang bisa mengontrol kadar gula berlebih yang bisa mencegah diabetes. Selain itu, kacang panjang juga rendah kalori sehingga aman untuk bayi Anda, Moms.
Kesehatan Jantung dan Mencegah Kanker
Folat yang terkandung dalam kacang panjang dipercaya bisa membantu menurunkan homocystein penyebab stroke dan serangan jantung. Bayi yang tercukupi asam folatnya bisa membantu pertumbuhan otaknya dan melindungi bayi dari gangguan saraf. Selain itu, kacang panjang juga berfungsi sebagai pencegah kanker, Moms.
Ilustrasi makanan bayi.
Ilustrasi kacang panjang sebagai makanan bayi. Foto: Shutterstock
Baik untuk Sistem Pencernaan
Tiamin yang terkandung dalam kacang panjang dapat membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi pada bayi. Tiamin akan meredam otot-otot dinding saluran pencernaan sehingga membantu dalam sekresi asam klorida yang diperlukan untuk penyerapan nutrisi.
ADVERTISEMENT
Kesehatan Tulang
Kacang panjang bisa mencegah osteoporosis dan berbagai penyakit yang terjadi pada tulang. Sebab kacang panjang mengandung vitamin K yang tinggi dan efektif untuk menjaga kesehatan dan perkembangan tulang bayi.
Mencegah Sembelit
Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang cukup tinggi serat, Moms. Rutin mengkonsumsi kacang panjang bisa mencegah bayi sembelit.
Mencegah Anemia
Zat besi dan mineral yang terkandung dalam kacang panjang, bisa mencegah dan mengatasi anemia pada bayi Anda. Kandungan tersebut bisa memicu perkembangan sel darah merah yang dibutuhkan si kecil.
Jadi, yuk olah kacang panjang jadi makanan bayi, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan