Mom
·
8 Juni 2021 11:16
·
waktu baca 2 menit

Manfaat Kangkung untuk MPASI Bayi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manfaat Kangkung untuk MPASI Bayi (31383)
Manfaat Kangkung untuk MPASI Bayi. Foto: Shutter Stock
Ada berbagai jenis sayuran yang dapat diolah jadi MPASI bayi. Tapi tentu saja, sebaiknya kita memilih sayuran yang memiliki nilai gizi tinggi agar MPASI untuk si kecil semakin sehat dan bermanfaat. Misalnya brokoli, bayam juga kangkung.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, kangkung tak hanya mudah didapat dan murah harganya, tapi juga kaya gizi sehingga baik untuk dijadikan makanan bayi.
Solid Starts melansir, kangkung mengandung vitamin A, C, dan K, serta mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, hingga fosfor yang dapat menunjang perkembangan bayi. Bahkan satu cangkir kangkung ternyata memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak daripada jeruk.
Sementara menurut Healthline, kangkung merupakan salah satu makanan nabati yang paling sehat karena kaya dengan segala macam senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan, bahkan beberapa di antaranya memiliki khasiat obat yang kuat.
Lantas, apa saja manfaat kangkung untuk MPASI bayi? Berikut informasinya untuk Anda, Moms:

5 Manfaat Kangkung untuk MPASI Bayi

Manfaat Kangkung untuk MPASI Bayi (31384)
Mata bayi Foto: Shutterstock
1. Menyehatkan mata
ADVERTISEMENT
Mengutip Super Kids Nutrition, kandungan vitamin A pada kangkung dapat menjaga kesehatan mata dan mendukung penglihatan bayi yang sedang berkembang.
2. Mencegah infeksi
Kehadiran vitamin C di dalam kangkung, membantu memelihara kesehatan gusi dan mulut bayi dari infeksi sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.
Manfaat Kangkung untuk MPASI Bayi (31385)
Ilustrasi bayi makan. Foto: Shutterstock
3. Melancarkan pencernaan
Kangkung memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mencegah berbagai masalah pencernaan seperti diare dan sembelit yang mungkin menyerang si kecil.
4. Meningkatkan kualitas darah
Menurut Parenting Healthy Babies, zat besi dalam kangkung penting untuk untuk meningkatkan kualitas dan produksi darah bayi.
5. Mendukung perkembangan tulang
Yang terakhir, kangkung merupakan sumber kalsium yang baik untuk bayi. Kalsium adalah mineral yang sangat diperlukan untuk menunjang pertumbuhan tulang yang kuat.
ADVERTISEMENT
Tapi jangan lupa, olah kangkung jadi MPASI dengan saksama, ya. Karena berserat, saat mengolah kangkung jadi MPASI orang tua perlu mewaspadai risiko tersedak pada bayi.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis