Manfaat Keju untuk Ibu Menyusui

18 Desember 2023 16:53 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Manfaat Keju untuk Ibu Menyusui. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Manfaat Keju untuk Ibu Menyusui. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Beberapa ibu menyusui memilih menghindari susu atau makanan olahan berbahan dasar susu seperti keju, karena bisa memicu alergi pada bayi. Padahal, selama bayi tidak benar-benar menunjukkan alergi, ibu tak perlu menghindari makanan olahan berbahan dasar susu. Bahkan kalaupun bayi mengalami intoleransi laktosa, ibu perlu pelan-pelan mengenalkan bayi dengan susu untuk mengurangi alerginya.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, keju mengandung banyak nutrisi yang baik dikonsumsi ibu menyusui. Dikutip dari Mom Junction, ibu yang sedang menyusui wajib mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi demi mengoptimalkan perkembangan si kecil. Keju mengandung laktosa yang memberikan segudang manfaat untuk ibu menyusui dan bayi.
Keju memiliki banyak sekali manfaat karena mengandung protein, kalsium, vitamin dan mineral. Saat Anda menyusui, penting untuk mengonsumsi makanan sehat dan seimbang yang bergizi bagi Anda dan si kecil.

Manfaat Makan Keju Saat Menyusui

Keju punya segudang nutrisi yang dapat menjaga kesehatan ibu sekaligus mendukung pertumbuhan bayi. Berikut beberapa manfaat keju bagi kesehatan ibu menyusui:
-Sumber Kalsium
Keju merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Menambah keju ke dalam menu makan Anda, akan menjaga kadar kalsium selama menyusui. Asupan kalsium yang cukup akan mendukung kesehatan tulang dan sendi ibu selama menyusui.
ADVERTISEMENT
Nutrisi di dalam keju juga akan disalurkan ke bayi melalui ASI yang bermanfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil.
-Sumber Protein
Keju merupakan sumber protein yang sangat baik. Keju dapat membantu Anda tetap kenyang dan mencegah lapar. Sehingga mengkonsumsi keju akan menghindari Anda dari kebiasaan ngemil makanan tidak sehat.
Ilustrasi ibu menyusui bayi. Foto: Shutterstock
-Mencegah Hipertensi
Keju adalah makanan yang bagus untuk membantu menjaga tekanan darah Anda. Artinya, mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi seperti keju akan mencegah ibu menyusui dari risiko hipertensi.
-Seng dan Biotin
Zat yang satu ini diperlukan bagi ibu baru dalam pemulihan dan penyembuhan jaringan. Artinya keju dapat membantu Anda pulih dengan cepat setelah melahirkan. Sementara itu, biotin akan mencegah rambut rontok yang merupakan keluhan umum pada ibu yang baru melahirkan.
ADVERTISEMENT