kumparan
search-gray
Mom25 Juni 2020 8:00

Manfaat Makan Ikan Lele untuk Ibu Hamil

Konten Redaksi kumparan
Hamil PTR
Hamil PTR Foto: Shutterstock
Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi saat hamil adalah salah satu cara untuk menjaga kondisi Anda dan janin tetap sehat. Ya Moms, ibu hamil memang perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsinya sejak trimester pertama hingga waktunya melahirkan nanti.
ADVERTISEMENT
Ada banyak jenis makanan bergizi yang bisa Anda konsumsi saat hamil, misalnya saja ikan lele. Meski harganya terjangkau dan mudah ditemukan, ikan lele ternyata punya banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin.
Mengutip Dr Health Benefit, ikan lele mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Selain itu, ikan air tawar ini juga kaya akan vitamin D dan beberapa vitamin B kompleks termasuk asam folat yang baik untuk ibu hamil. Lantas, apa lagi manfaat yang bisa didapat dari ikan lele ya?
Ilustrasi ikan lele.
Ilustrasi ikan lele. Foto: Shutterstock

1. Rendah Kalori

Ikan lele termasuk makanan yang rendah kalori, Moms. Bila Anda mengonsumsinya dengan nasi, ikan lele bisa melengkapi angka kecukupan kalori harian Anda.

2. Sumber Lemak

Salah satu manfaat ikan lele untuk kehamilan adalah karena makanan yang satu ini merupakan sumber lemak sehat yang sangat baik untuk tubuh. Sebab, di dalam daging ikan ini terkandung omega-3 dan asam lemak omega 6. Asam omega 6 ini berfungsi untuk membantu mengoptimalkan perkembangan bayi di dalam kandungan, Moms.
ADVERTISEMENT

3. Sumber Protein

Protein sangat penting selama kehamilan karena protein dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak bayi. Sedangkan untuk ibu, protein yang cukup selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko baby blues setelah melahirkan.
Ilustrasi ikan lele.
Ilustrasi ikan lele. Foto: Shutterstock

4. Rendah Merkuri

Seperti yang diketahui, sebagian besar ikan mengandung tinggi merkuri. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu berhati-hati jika ingin mengonsumsi ikan. Namun ikan lele bisa jadi solusi bagi Anda yang takut makan ikan laut, karena ikan ini sangat rendah kandungan merkuri. Jadi cukup aman dikonsumsi selama kehamilan.

5. Sumber Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks sangat penting bagi ibu selama kehamilan. Vitamin B9 yang juga dikenal sebagai asam folat baik untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan sistem saraf janin, serta mencegah bayi lahir dengan cacat lahir. Selain vitamin B9, ikan lele juga kaya akan vitamin B12 yang membantu mengoptimalkan produksi energi dari makanan yang Anda konsumsi.
ADVERTISEMENT

6. Sumber Vitamin D

Selama kehamilan Anda harus memastikan cukup vitamin D, karena sangat penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ya Moms, selama hamil Anda bisa saja terkena flu biasa atau pilek, meski begitu Anda tidak boleh sembarangan minum obat. Oleh sebab itu, ibu perlu meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi vitamin D.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white