kumparan
27 Maret 2018 15:17

Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil

Manggis (Foto: Thinkstock)
Rasa asam dan manis pada buah manggis memang menyegarkan saat dikonsumsi. Buah yang memiliki daging bewarna putih ini punya banyak manfaat bagi tubuh, tak terkecuali bagi ibu hamil.
ADVERTISEMENT
kumparanMOM (kumparan.com) merangkum beberapa manfaat yang bisa didapat oleh ibu hamil jika rutin mengonsumsi manggis seperti berikut ini:
1. Mengatasi masalah sembelit
Makanan yang tidak boleh dimakan ketika hamil (Foto: Thinstock)
Ibu hamil rentan terkena masalah sembelit. Untuk mencegah terjadinya sembelit, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi manggis yang kaya akan serat. Setiap 50 gram manggis mengandung 3,7 gram serat yang dibutuhkan oleh ibu hamil.
2. Preeklampsia
Kaki bengkak pada ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Preklampsia adalah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, kenaikan kadar protein di dalam urin dan adanya pembengkakan. Manggis memiliki kandungan alami yang bisa menurunkan tekanan darah sehingga mencegah terjadinya preeklampsia.
3. Mencegah kolestrol naik
Manggis juga memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk mencegah kolesterol naik saat hamil. Mengonsumsi dua sampai tiga buah manggis sehari bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikan kolesterol baik.
ADVERTISEMENT
4. Kesehatan kulit
Ilustrasi kulit kering. (Foto: Thinkstock)
Kulit ibu hamil biasanya terlihat lebih kusam dan kering. Hal tersebut terkadang membuat ibu hamil tidak pede dengan penampilannya. Manggis memiliki kandungan xanthon yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV dan memperbaiki sel-sel yang mati saat hamil.
Kandungan xanthon juga berfungsi menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.
5. Mencegah diabetes
Ilustrasi diabetes (Foto: StevePB/pixabay)
Kandungan senyawa alami dalam buah manggis dapat melambatkan atau bahkan menghentikan resistensi insulin. Hal tersebut bisa membuat gula darah menjadi lebih stabil.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan