kumparan
20 Mei 2019 12:15

Manfaat Membaca Al-Quran di Dekat Bayi

Ibu dan bayi
Ibu dan bayi Foto: Shutterstock
Begitu bayi lahir, sebagian ibu biasanya sudah punya rencana-rencana terkait apa saja yang akan diajarkan kepada buah hatinya. Ilmu agama mungkin menjadi salah satu prioritas Anda. Jika ya, salah satu hal yang mungkin Anda ajarkan pada anak adalah membaca Al-Quran.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, Al-Quran memang sepatutnya menjadi pedoman hidup umat Islam. Namun untuk mengajarkan Al-Quran kepada si kecil, tentu Anda harus menunggu ia cukup besar untuk mampu membaca. Sebelum itu, ada yang bisa Anda lakukan untuk membuat telinga bayi akrab dengan bacaan Al-Quran.
Salah satunya adalah dengan sering membaca Al Quran di dekat bayi. Cara ini bahkan bisa Anda lakukan sejak bayi di dalam kandungan. Pendengaran adalah salah satu panca indra yang paling awal berkembang dan telah dijelaskan dalam Al-Quran dalam surat Al Insan ayat 2:
إِنَّا خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ نُطْفَةٍ أَمْشَاجٍ نَبْتَلِيهِ فَجَعَلْنَاهُ سَمِيعًا بَصِيرًا
"Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat."
ibu dan bayi
ibu dan bayi Foto: ibu dan bayi
Lantas apa manfaat memperdengarkan bacaan Al-Quran kepada bayi?
ADVERTISEMENT
Ustaz Mu'ammar Abdullah At Tamimi menjelaskan membaca Al Quran di dekat bayi merupakan salah satu bentuk stimulasi. Jika stimulasi ini sering dan rutin dilakukan, telinga bayi pun akan familiar dengan bunyi bacaan Al-Quran. Manfaatnya pun berimbas pada ingatannya saat ia besar nanti.
“Si anak akan lebih mudah ketika diajak menghafal surat yang sering ia dengarkan sedari kecil,” papar Ustaz Mu’ammar saat dihubungi kumparanMOM pada Jumat (17/05).
Ustaz Mu’ammar menambahkan, orang tua juga bisa mendapat pahala dari membaca dan memperdengarkan Al-Quran kepada bayi.
“Orang tua yang mampu mendorong anaknya membaca Al Quran insyaAllah akan mendapat kemuliaan di akhirat,” tambah Ustadz Mu’ammar.
Jadi Moms, sebaiknya jangan menunda mengakrabkan telinga bayi dengan lantunan ayat suci Al-Quran.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan