kumparan
7 Maret 2018 16:03

Manfaat Membacakan Cerita untuk Bayi

Membaca untuk bayi
Membaca untuk bayi (Foto: Thinkstock)
Saat sedang bersama dengan bayi, selain memandanginya dengan penuh takjub, Anda pasti ingin terus melakukan lebih lagi demi kebaikan anak. Mengajak bayi bernyanyi dan mengobrol sudah, lalu apalagi? Bacakan ia cerita, Moms!
ADVERTISEMENT
Kok dibacakan cerita? Memang, bayi sudah bisa mengerti?
Bayi memang belum mengerti isi ceritanya, tapi ternyata bayi dan ibu tetap bisa mendapat keuntungan dari membacakan cerita. Apa saja?
Pertama, meningkatkan bonding atau ikatan kuat.
Saat membacakan cerita, Anda bisa sambil menyentuh kulit bayi, kontak mata, dan berinteraksi. Suara lembut Anda saat bercerita dapat membuat ia merasa tenang dan nyaman.
Kedua, meningkatkan kemampuan otak bayi. Orang tua yang sering membacakan cerita pada bayi dapat memperkaya kosakata anak kelak. Bagaimana tidak? Si kecil sudah terpapar banyak kosakata baru sejak dini. Tidak hanya kosakata, tapi juga memengaruhi keterampilan matematikanya, sehingga bisa lebih baik dibandingkan bayi yang tidak distimulasi dengan cara ini.
Membaca untuk bayi
Membaca untuk bayi (Foto: Thinkstock)
Ketiga, bayi jadi dapat merespon dengan baik. Bayi yang baru lahir biasanya kesulitan dan terbatas dalam merespon. Tapi jika Anda sering membacakan cerita, maka bayi jadi lebih responsif.
ADVERTISEMENT
Lihat deh, Moms, saat Anda bacakan cerita, dia akan merespon dengan gerakan tangan atau kaki yang sesuai dengan ritme saat Anda membaca.
Keempat, memperkaya visualnya. Seiring pertumbuhan bayi, mereka mulai dapat melihat dengan lebih jelas. Saat Anda bercerita pada bayi, jangan lupa untuk menunjukan gambar-gambar lucu yang terdapat dalam buku cerita. Hal ini akan melatih dan memperkaya kemampuan visual mereka. Bayi jadi bisa melihat banyak warna dan objek baru lewat buku.
Membaca untuk bayi
Membaca untuk bayi (Foto: Thinkstock)
Kelima, menanamkan kebiasaan baik yakni membaca sejak dini. Ketika Anda membacakan buku pada bayi secara rutin, secara tidak langsung Anda telah menurunkan kebiasaan yang baik. Sejak kecil mereka akan belajar bahwa membaca adalah hal yang menyenangkan, dan tidak sulit agar si kecil membaca sendiri saat ia sudah besar nanti.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan