kumparan
search-gray
Mom25 Juli 2020 20:33

Ma'ruf Amin Hingga Retno Marsudi Beri Pesan di Festival Hari Anak

Konten Redaksi kumparan
Ma'ruf Amin Hingga Retno Marsudi Beri  Pesan di Festival Hari Anak (146224)
kolase foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin (tengah), Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Puspayoga, Menlu Retno Marsudi. Foto: Wahyu Putro/ANTARAFOTO, Setwapres, Kemenlu
Acara puncak Festival Hari Anak yang diselenggarakan kumparanMOM dalam rangka memeringati Hari Anak Nasional baru saja digelar hari ini, Sabtu (25/7). Ya Moms, pada acara hari ini, beberapa pejabat negara memberikan ucapan spesial untuk seluruh anak Indonesia. Mulai dari Presiden Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, hingga Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan pesan-pesan yang bisa menginspirasi si kecil.
ADVERTISEMENT
kumparanMOM merangkum ucapan spesial yang diberikan Presiden Jokowi hingga Retno Marsudi. Berikut kutipannya, Moms.
Video

Wakil Presiden Ma'ruf Amin

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga memberikan pesan untuk anak Indonesia, tepatnya dalam menghadapi masa pandemi seperti ini. Meskipun tak bisa belajar di sekolah atau bermain di luar rumah, anak-anak tak boleh bersedih dan harus tetap bisa gembira.
"Meskipun kurang nyaman bukan berarti harus bersedih dan berputus asa. Justru ini saatnya anak-anak Indonesia untuk saling menjaga satu sama lain agar tidak tertular Covid-19 sehingga wabah ini dapat segera berakhir," kata Ma'ruf.
Ia juga mengingatkan anak-anak untuk tetap menjaga kebersihan hingga mengonsumsi makanan sehat agar daya tahan tubuhnya terjaga.
ADVERTISEMENT
"Teruslah giat belajar dan tetap jaga kesehatan diri dengan rajin mencuci tangan, memakai masker saat harus keluar rumah, menghindari kerumunan serta mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi," jelasnya

"Semoga anak-anak Indonesia menjadi generasi terbaik, penerus cita-cita bangsa yang berakhlak mulia," tutupnya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Puspayoga

Dalam ucapan yang ditayangkan virtual, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Puspayoga berharap agar anak Indonesia selalu bahagia, meski sedang menghadapi pandemi corona.
Dia juga meminta agar anak Indonesia tetap optimistis di tengah pandemi corona, meski memang tak mudah. Sebab anak Indonesia kini tak bisa pergi ke sekolah, bertemu guru, dan berinteraksi dengan teman sebayanya.
ADVERTISEMENT
"Bagi anak-anak Indonesia yang bunda sayangi, semoga kalian semua tetap sehat dan optimistis ya. Perubahan yang terjadi sejak pandemi COVID-19 melanda negeri kita, membuat tahun ini bukanlah tahun yang mudah untuk kalian semua, khususnya dalam menjalankan proses belajar," kata dia.
Dia meminta momen ini dijadikan sebagai kesempatan untuk memanfaatkan waktu dengan melakukan hal yang positif dan mengasah kreativitas. Sehingga dalam periode ini, anak Indonesia tetap bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

"Ibu yakin kondisi sulit ini tidak akan menjadi hambatan bagi kalian untuk meraih cita-cita, melainkan justru menjadi tantangan untuk berpikir kreatif dan pantang menyerah," ujarnya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Ma'ruf Amin Hingga Retno Marsudi Beri  Pesan di Festival Hari Anak (146225)
Retno Marsudi di Festival Hari Anak Foto: YouTube kumparan
Di Festival Hari Anak ini, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi memberikan ucapan spesial untuk seluruh anak Indonesia. Menurutnya, anak Indonesia harus mandiri dan punya peran penting dalam pergaulan dunia.
ADVERTISEMENT
"Kemandirian sangat penting dimiliki oleh anak-anak dan memang harus diterapkan sejak dini. Anak-anak Indonesia nantinya harus punya peran penting dalam pergaulan internasional, pergaulan dunia," jelas Retno Marsudi.
Selain itu, Retno juga memberikan beberapa tips tentang bagaimana caranya menumbuhkan kemandirian pada anak. Apa saja?
  1. Biasakan dan beri kesempatan anak untuk belajar atau mencoba hal-hal yang diminatinya.
  1. Biasakan anak-anak kita untuk mengurus dirinya sendiri. "Dari hal yang kecil, misalnya menjaga kebersihan dan kesehatan mereka," ujarnya.
  1. Beri pujian dan hargai setiap perilaku atau kemajuan baiknya.
  1. Jangan biarkan anak merasa sendiri. Anak perlu mendapat pelukan dan ucapan cinta sesering yang orang tua bisa.
  2. Ajarkan anak bertanggung jawab, bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga terhadap orang lain.
ADVERTISEMENT

"Selamat hari anak nasional, tetap semangat bersama," tutupnya.

Nah Moms, itu tadi ucapan spesial dari pejabat negara di Festival Hari Anak. Selain itu, masih banyak tayangan menarik yang bisa disaksikan di acara puncak Festival Hari Anak. Yuk, saksikan tayangan ulangnya di bawah ini.