kumparan
12 April 2018 11:19

Memantau Perkembangan Bahasa Anak Usia 1 Tahun

Bayi memakai topi kelinci.
Bayi memakai topi kelinci. (Foto: Thinkstock)
Agar bisa mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, tentu kita perlu mengenal tahapan perkembangannya lebih dahulu. Tak terkecuali, tahap perkembangan bahasa yang kelak akan berguna untuk anak dan kehidupan sosialnya di masyarakat.
ADVERTISEMENT
Sebetulnya, bayi baru lahir pun sudah mulai berbahasa, Moms. Ia mencoba berkomunikasi dengan cara menangis. Saat mencapai 1 tahun, si kecil mulai bisa memahami kata perintah sederhana hingga meniru suara. Nah, pada masa itulah stimulasi bahasa sangat diperlukan.
Lalu, bagaimana lagi ya Moms perkembangan bahasa anak saat menginjak usia satu tahun?
Dalam buku Keluarga Kita ‘Mencintai dengan Lebih Baik’, Najelaa Shihab menjelaskan perkembangan bahasa anak saat berusia satu tahun, seperti yang kumparanMOM (kumparan.com) rangkum berikut ini:
Memakai kata mewakili sesuatu
Bayi riang
Bayi riang (Foto: Pixabay)
Jangan heran jika bayi 1 tahun sering kali mengatakan suatu kata tertentu untuk merujuk pada keinginannya. Misalnya, ia haus dan ingin minum, maka ia mengucapkan kata ‘saya’.
Menunjuk bagian tubuh
ADVERTISEMENT
Ia juga sudah mulai bisa menunjuk bagian-bagian tubuhnya, Moms. Misalkan hidung, telinga, pipi dan sebagainya. Ia juga sudah mulai bisa mengenali mana benda, mana orang atau mana binatang saat ditanya orang.
Menjawab ‘ya’ atau ‘tidak'
Bayi tumbuh sehat
Bayi tumbuh sehat. (Foto: Thinkstock)
Seiring perkembangan otaknya, anak pun mulai berpikir dan memahami maksud sesuatu. Maka, saat itulah anak bisa menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’ ketika ditanya pendapat sederhana.
Dua suku kata
Anda akan sering mendengar ketika anak mengucap perkataannya dengan dua suku kata untuk mewakili pikirannya. Misalnya, ‘dadah Mama’, ‘kue lagi’.
Bernyanyi dan menari
Ilustrasi Mainan Musik
Ilustrasi Mainan Musik (Foto: Pixabay)
Pada usia ini, si kecil juga sedang aktif secara motorik dan sensorinya. Maka, lagu bisa jadi media baik untuk mengembangkan kecerdasan bahasanya. Anak akan mempelajari bahasa dengan lebih efektif sekaligus melatih gerak aktifnya.
ADVERTISEMENT
Tertarik intonasi suara
Ketika Anda bermain cilukba dengan intonasi pelan kemudian meninggi, tak jarang ia akan bereaksi senang. Ya Moms, pada usia satu tahun ia memang tertarik dengan permainan intonasi suara.
Sikap tubuh
Si kecil juga sudah mulai menggunakan sikap tubuhnya untuk berkomunikasi dengan Anda. Seperti, menarik baju, menunjuk, menepuk dan sebagainya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan