Mom
·
15 Oktober 2020 8:58

Menarik Hidung Bayi Supaya Mancung, Ampuh Enggak Sih?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menarik Hidung Bayi Supaya Mancung, Ampuh Enggak Sih?  (76399)
Banyak yang percaya menarik hidung bayi bikin mancung Foto: Shutterstock
Bayi yang lucu dan kelak tumbuh jadi sosok yang menarik, cantik atau tampan. Umumnya, inilah yang jadi dambaan orang tua. Tampilan fisik yang jadi dambaan ini biasanya juga erat dengan bentuk hidung yang mancung. Sehingga banyak orang tua yang suka menarik hidung bayinya supaya mancung!
ADVERTISEMENT
Tapi sebenarnya cara ini ampuh enggak, sih? Apa saja yang perlu dipahami orang tua mengenai kondisi hidung bayi maupun kebiasaan ini?

Hidung Bayi Baru Lahir Cenderung Pesek

Menarik Hidung Bayi Supaya Mancung, Ampuh Enggak Sih?  (76400)
hidung bayi baru lahir cenderung pesek karena proses persalinan. Foto: Shutterstock
Moms, kita perlu tahu: bayi baru lahir terutama yang melalui persalinan normal memang cenderung terlihat pesek akibat tertekan saat melalui jalan lahir. Hal ini dijelaskan oleh Dokter Spesialis Anak, Dr. dr. Ariani D. Widodo, Sp.A(K).
"Normal ketika lahir hidung bayi tampak pesek, rata atau miring ke samping," ujar dr. Ariani kepada kumparanMOM, Selasa (13/10).
Namun tak perlu khawatir, perlahan-lahan bentuk hidung bayi akan berubah dengan sendirinya setelah beberapa minggu.
Bila tetap belum puas dengan kondisi hidung bayi, menariknya setiap hari juga tidak disarankan. Kenapa?
ADVERTISEMENT

Fakta soal Menarik Hidung Bayi Bisa Bikin Mancung

Menarik Hidung Bayi Supaya Mancung, Ampuh Enggak Sih?  (76401)
Apakah menarik hidung bayi bikin mancung? Foto: Shutterstock
Menurut dr.Ariani, menarik hidung bayi meski dilakukan setiap hari tidak akan bikin mancung. Sebab tidak ada bukti bahwa dengan menarik, mencubit, atau memijat hidung bayi akan membuatnya lebih mancung atau mengubah bentuknya.
Dr.Ariani justru menyarankan orang tua tidak melakukannya karena dapat merugikan bayi.
"(Hidung bayi) perlu waktu mulai dari satu minggu sampai beberapa bulan untuk kemudian berkembang sepenuhnya. Dengan (kebiasaan) mencubit atau menarik hidung bisa mempengaruhi proses perkembangan ini," dr.Ariani menjelaskan.

Risiko Cedera pada Bayi yang Kerap Ditarik Hidungnya

Menarik Hidung Bayi Supaya Mancung, Ampuh Enggak Sih?  (76402)
Menarik hidung bayi bisa menyebabkan cedera Foto: Shutterstock
Selain itu, dokter yang berpraktek di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Jakarta ini mengatakan menarik dan mencubit hidung bayi akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan bisa menyebabkan cedera. Bahkan yang lebih ekstremnya, diperlukan operasi untuk memperbaikinya lho!
ADVERTISEMENT
"Bentuk hidung ditentukan oleh posisi tulang hidung, serta tulang rawan bagian atas dan bawah. Perbedaan posisi dari tulang-tulang tersebut yang kemudian menghasilkan bentuk hidung yang berbeda. Termasuk tampilan hidung ketika dilihat dari arah depan atau samping. Hal ini sangat tergantung pada faktor genetik," ujarnya.
Jadi tidak perlu mencubit, menarik, atau memijat hidung si kecil, Moms. Bersabar saja agar hidung bayi tubuh sesuai dengan tahap perkembanganya.