Mom
·
29 Desember 2020 11:05

Mengenal Istilah Gut-Brain Axis untuk Tumbuh Kembang Anak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengenal Istilah Gut-Brain Axis untuk Tumbuh Kembang Anak (358376)
searchPerbesar
Mengenal Istilah Gut-Brain Axis untuk Tumbuh Kembang Anak Foto: Freepik
Ada banyak hal yang bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah dengan memberikan makan bergizi.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, Anda mungkin sadar, ketika lapar rasanya otak pun tidak bisa diajak bekerjasama. Pikiran menjadi buntu dan mood juga kadang-kadang menjadi hancur. Namun sebaliknya, jika perut sudah kenyang dengan makanan bernutrisi seimbang, pikiran pun tenang. Ya Moms, hal tersebut juga berlaku pada anak-anak.
Anda mungkin pernah dengar bahwa sering kali pencernaan disebut sebagai otak kedua terutama bagi anak. Sebab, pencernaan yang sehat dapat mempengaruhi perkembangan otaknya. Begitu juga sebaliknya.
Mengenal Istilah Gut-Brain Axis untuk Tumbuh Kembang Anak (358377)
searchPerbesar
Pentingnya Gut-Brain Axis untuk Tumbuh Kembang Anak Foto: Freepik
Menurut Ahli Gizi dan Penulis Buku tentang gizi, dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes, secara umum, saluran cerna mempengaruhi otak dalam hal mengatur perilaku, emosi, dan logika. Sementara otak memengaruhi saluran cerna dalam hal penyerapan nutrisi yang dikonsumsi. Nah, kondisi keterkaitan itu disebut juga dengan gut-brain axis.
ADVERTISEMENT
“Keterkaitan antara pencernaan dan otak ini disebut dengan istilah gut-brain axis,” ujarnya dalam talk show Bebelac bertajuk ‘Pentingnya Gut-Brain Axis untuk Menumbuhkan Anak Hebat’ yang diselenggarakan pada Jumat (11/12).
Lalu, apa pentingnya gut-brain axis bagi anak?

Pentingnya Gut-Brain Axis untuk Tumbuh Kembang Anak

Mengenal Istilah Gut-Brain Axis untuk Tumbuh Kembang Anak (358378)
searchPerbesar
Pentingnya Gut-Brain Axis untuk Tumbuh Kembang Anak Foto: Freepik
Dilansir buku ‘Brain, Behaviour, and Immunity’ karangan Ilmuwan Yan Wang dan Lloyd H Kasper, melalui gut-brain axis, saluran cerna akan memengaruhi otak untuk memproduksi neurotransmitter yang berkaitan dengan sosial emosional anak, salah satunya hormon serotonin yang menghasilkan perasaan senang dan nyaman.
Maka dari itu, jika pencernaan dan otak sehat, anak akan memiliki kecerdasan intelektual dan emosional yang baik. Sehingga, apa yang anak konsumsi tidak hanya memperkuat kesehatan pencernaan, namun juga otak hingga kebesaran hatinya.
ADVERTISEMENT
“Salah satu nutrisi untuk pencernaan sehat yang dapat dikonsumsi anak adalah prebiotik atau makanan bagi bakteri baik. Sebagai contoh, prebiotik dapat ditemukan pada sayur, buah, atau susu pertumbuhan yang diperkaya dengan prebiotik,” ujar dr. Rita.
Prebiotik ini bisa menjadi salah satu nutrisi utama untuk memungkinkan proses gut-brain axis. Mengonsumsi prebiotik juga memberi makan mikrobiota pada saluran cerna seperti bifidobacterial yang menstimulasi pertumbuhan spesies Bifidobacterium dan lactobacillus tertentu, sehingga dapat mengurangi bakteri patogen.
Mikrobiota ini juga bertugas untuk berkomunikasi dengan otak, termasuk 'meminta' otak untuk mengatur emosi dan perilaku anak. Sehingga, terjadilah gut-brain axis.
Jadi, mulai sekarang berilah makan-makanan yang bergizi dan bernutrisi seimbang, termasuk prebiotik, Moms. Hal itu penting, agar pencernaan dan otak anak menjadi sehat sehingga mereka bisa tumbuh kembangnya bisa optimal.
ADVERTISEMENT