kumparan
search-gray
Mom29 Juli 2020 11:04

Mengenal Metode Persalinan Natural C-Section atau Operasi Caesar Alami

Konten Redaksi kumparan
Mengenal Metode Persalinan Natural C-Section atau Operasi Caesar Alami (1211241)
Ilustrasi persalinan. Foto: Shutter Stock
Banyak ibu hamil yang ingin melakukan persalinan secara normal atau pervaginam. Namun, rencana yang sudah dipersiapkan dengan matang itu mungkin saja bisa tak terlaksana sesuai harapan karena berbagai alasan. Mulai dari posisi bayi yang sungsang, adanya masalah dengan plasenta atau tali pusat, hingga preeklamsia. Sehingga, dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk melakukan operasi caesar.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, Anda perlu tahu bahwa saat ini ada metode persalinan yang disebut dengan natural c-section atau operasi caesar alami. Lantas, apa bedanya dengan metode persalinan caesar pada umumnya?
Mengenal Metode Persalinan Natural C-Section atau Operasi Caesar Alami (1211242)
Mengenal metode persalinan natural c-section atau operasi caesar alami. Foto: Pixabay

Apa itu Metode Natural C-section?

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Gita Pratama, SpOG menjelaskan bahwa natural C-section adalah proses melahirkan bayi dengan operasi caesar, namun dengan menerapkan beberapa hal yang mirip dengan persalinan pervaginam. Ya Moms, tujuan utama dari metode persalinan ini adalah memberikan pengalaman yang mendekati proses melahirkan secara normal. Bahkan, setelah melahirkan, ibu bisa merasakan inisiasi menyusu dini (IMD) dan meningkatkan bonding dengan si kecil dengan skin to skin contact.
"Mengusahakan kondisi persalinan mendekati persalinan normal, ya walaupun tetap dengan operasi caesar," kata dr. Gita kepada kumparanMOM belum lama ini.
Mengenal Metode Persalinan Natural C-Section atau Operasi Caesar Alami (1211243)
Ilustrasi Bayi Lahir melalui Operasi Caesar Foto: Pixabay

Beda Operasi Caesar Biasa dan Natural C-section

Umumnya, saat operasi caesar, ibu akan berbaring telentang dan dibatasi kain di bagian dada saat proses tindakan berlangsung. Sehingga Anda tak bisa melihat proses bayi dilahirkan sama sekali. Saat bayi keluar, Anda pun hanya diperbolehkan memegangnya sebentar atau bahkan tak boleh sama sekali.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, dengan metode natural C-section atau gentle caesarean, Anda dan suami dapat melihat proses melahirkan secara langsung. Hal ini karena pembatas yang biasa digunakan saat operasi caesar posisinya direndahkan.
Dokter yang juga praktik di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan ini, juga menjelaskan bahwa waktu persalinan biasanya lebih lama alias dilakukan secara perlahan, tak secepat melahirkan dengan operasi caesar pada umumnya. Tujuannya adalah untuk memberikan waktu bayi agar lebih siap menghirup udara saat keluar dari rahim dan membersihkan paru-parunya dari sisa cairan.
Mengenal Metode Persalinan Natural C-Section atau Operasi Caesar Alami (1211244)
Ilustrasi melahirkan dengan operasi caesar. Foto: Shutterstock
"Dokter juga menunda pemotongan tali pusat, serta bayi langsung diletakkan di dada ibu setelah dilahirkan," pungkasnya.
Lantas, apakah persalinan dengan metode natural C-section dapat dikatakan lebih baik bila dibandingkan dengan metode operasi caesar pada umumnya?
ADVERTISEMENT
Moms, metode persalinan apa pun sama baiknya untuk Anda maupun bayi. Hal itu sangat bergantung dengan kondisi ibu dan si kecil tentunya.
Ya Moms, melahirkan dengan metode apa pun butuh persiapan mental yang matang. Jadi, apabila Anda ingin memilih metode natural C-section, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda ya, Moms.