Mom
·
10 Juni 2021 16:15
·
waktu baca 1 menit

Mengenal Moon Milk, Racikan Susu untuk Atasi Insomnia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengenal Moon Milk, Racikan Susu untuk Atasi Insomnia (12781)
Moon milk- Golden tumeric milk. Foto: Shutter Stock
Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat kita kesulitan untuk terlelap di malam hari. Kebanyakan orang akan minum susu sebagai obat tidur di malam hari untuk mencegah insomnia. Ya Moms, minum segelas susu di malam hari dipercaya dapat membantu agar mudah tertidur.
ADVERTISEMENT
Selain mengonsumsi susu hangat di malam hari, rupanya terdapat solusi lainnya bagi Anda yang sering mengalami insomnia. Moon milk atau susu bulan dianggap sangat efektif untuk membantu mereka yang mempunyai masalah gangguan tidur di malam hari. Moon milk terbilang cukup populer sejak beberapa tahun terakhir.
Tapi sebenarnya, apakah yang dimaksud Moon milk?
Dilansir Healthline, sebenarnya moon milk tak berbeda jauh dengan susu biasa yang kita konsumsi. Perbedaan susu hangat biasa dengan moon milk terletak pada warna dan rasanya. Moon milk merupakan campuran antara susu dan rempah-rempah seperti, pala, kayu manis, jahe, kunyit dan kapulaga.
Selain itu, moon milk juga mengandung bahan herbal lain yang termasuk dalam kategori herbal adaptogen, atau tumbuhan yang dapat meningkatkan kemampuan pertahanan diri terhadap stres. Salah satu jenis moon milk yang terkenal adalah Golden Tumeric Milk atau susu kunyit.
ADVERTISEMENT
Selain bisa mengatasi insomnia, berikut adalah beberapa manfaat moon milk lain untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Moon Milk, Racikan Susu Rempah-rempah

1. Memudahkan tidur di malam hari
Mengenal Moon Milk, Racikan Susu untuk Atasi Insomnia (12782)
com-Ilustrasi wanita terbangun dari tidurnya Foto: shutterstock
Dikutip dari Dr. Axe, menurut sistem pengobatan Ayuverda di India, segelas moon milk di malam hari bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon, sehingga dapat membantu menenangkan saraf dan menenangkan pikiran yang terlalu banyak bekerja pada siang hari. Adanya karbohidrat dan asam amino tertentu, terutama triptofan dalam susu hangat, meminumnya sebelum tidur dapat membuat Anda secara alami merasa mengantuk.
2. Sebagai anti-radang
Kunyit di dalam golden tumeric milk memiliki efek anti-oksidan dan anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi rasa sakit karena adanya bahan aktif yang disebut kurkumin. Rempah-rempah lainnya, seperti lada hitam, jahe dan kayu manis juga dapat membantu meningkatkan penyerapan kunyit dan mengurangi ketidaknyamanan seperti mual, sakit perut, migrain dan sembelit.
ADVERTISEMENT
3. Menghilangkan stres
Mengenal Moon Milk, Racikan Susu untuk Atasi Insomnia (12783)
Moon milk- Golden tumeric milk. Foto: Shutter Stock
Salah satu jenis adaptogen dalam minuman ini adalah ginseng India atau ashwagandha. Kandungan ini dapat membantu tubuh merasa rileks, terutama jika dikonsumsi secara konsisten. Ashwagandha telah terbukti membantu mengurangi sekresi hormon stres termasuk kortisol dan untuk menyangga efek negatif stres termasuk kelelahan dan perubahan suasana hati.
4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Mengutip Indiana Express, sebuah studi yang dilakukan oleh Phytotherapy Research menemukan bahwa, moon milk juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan meningkatkan sel pembunuh alami, aspek penting dari respons imun bawaan terhadap infeksi.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis