Mom
·
19 Juni 2019 16:53

Mengenal Zuriat, Buah yang Bisa Menyuburkan Kandungan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengenal Zuriat, Buah yang Bisa Menyuburkan Kandungan (169427)
Ilustrasi Zuriat Foto: Shutterstock/Mejini Neskah
Nutrisi merupakan salah satu faktor yang penting jika Anda ingin cepat hamil. Salah satu buah yang dipercaya bisa menyuburkan kandungan adalah zuriat. Pernah dengar soal buah ini sebelumnya, Moms?
ADVERTISEMENT
Buah yang akrab disebut sebagai pohon palem Afrika ini memang cukup susah ditemukan di Indonesia. Meski begitu, banyak yang mencarinya karena zuriat dipercaya bisa menyuburkan kandungan.
Buah berwarna cokelat ini memiliki bentuk yang cukup unik. Sekilas mirip seperti kelapa tetapi versi mini. Sedangkan rasanya manis seperti roti jahe. Karena itulah, banyak orang menyebut buah ini sebagai gingerbread.
Dalam mengolahnya, banyak orang mengekstrak atau meminum air zuriat untuk mendapatkan kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh.
Mengenal Zuriat, Buah yang Bisa Menyuburkan Kandungan (169428)
Ilustrasi ibu atau wanita minum. Foto: Shutterstock
Sebenarnya, belum ada penelitian valid yang menyatakan bahwa zuriat ampuh menyuburkan kandungan. Namun, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Annals of Agricutural Sciences, zuriat atau doum fruit punya kandungan antioksidan yang baik untuk regenerasi sel reproduksi.
ADVERTISEMENT
Dalam hal ini, senyawa antioksidan bekerja dengan cara menghilangkan oksigen reaktif. Pada saat seseorang mengalami stres, tubuh akan menghasilkan kadar oksigen reaktif yang cukup tinggi, yang disebut stres oksidatif.
Stres oksidatif ini bisa merusak sel-sel, termasuk sel telur (ovum) dan sperma yang penting untuk reproduksi. Sederhananya, zuriat bisa mengurangi stres oksidatif dalam tubuh yang pada akhirnya meningkatkan kesehatan reproduksi dan memperbesar peluang kehamilan.
Selain baik untuk regenerasi sel reproduksi, buah zuriat juga punya beberapa manfaat yang bagus untuk tubuh Anda, seperti:
  1. Baik untuk kesehatan ginjal
Mengenal Zuriat, Buah yang Bisa Menyuburkan Kandungan (169429)
Cukup minum air dapat membantu menjaga kesehatan ginjal Foto: Thinkstock
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menemukan bahwa fenol dalam ekstrak air buah zuriat bisa mengurangi hiperlipidemia pada sindrom nefrotik.
Sindrom nefrotik sendiri adalah kelainan yang terjadi ketika ginjal mengeluarkan terlalu banyak protein dalam urin yang keluar dari tubuh.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kandungan fenola dalam buah zuriat juga bermanfaat dalam menurunkan risiko penyempitan atau penebalan arteri. Penyempitan arteri atau pembuluh darah sendiri sering dikaitkan dengan penyakit jantung dan serangan jantung.
  1. Mendinginkan tubuh
Cuaca panas benar-benar mengganggu aktivitas. Selain bisa membuat tubuh kehilangan cairan, cuaca panas juga menurunkan daya tahan tubuh.
Untuk mengaatasi kondisi ini, konsumsilah buah zuriat. Buah ini memiliki daging yang kenyal serta dingin, yang bisa membantu mendinginkan tubuh dari cuaca yang menyengat.
  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Mengenal Zuriat, Buah yang Bisa Menyuburkan Kandungan (169430)
Usus besar dan saluran pencernaan manusia. Foto: Elionas2 via pixabay
Tak hanya kaya akan kandungan antioksidan, manfaat zuriat juga datang dari kandungan seratnya. Menurut sebuah penelitian, kandungan serat yang ada di dalam zuriat bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, Moms.
ADVERTISEMENT