kumparan
search-gray
Mom8 April 2018 15:56

Menyusui Bisa Membuat Ibu dan Bayi Bahagia

Konten Redaksi kumparan
Ibu menyusui.
Ibu menyusui. (Foto: Thinkstock)
Ada banyak alasan untuk terus konsisten menyusui. Bukan hanya untuk mencukupi nutrisi penting buah hati serta mendekatkan ikatan ibu dan bayi. Lebih dari itu, menyusui bisa memberikan banyak manfaat lain yang tak kalah berarti. Seperti, memberikan kebahagiaan dan ketenangan bagi ibu dan bayi. Bagaimana bisa?
ADVERTISEMENT
Konselor laktasi, Farahdiba Tenrilemba, dalam antologi buku Breast Friend Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) menyebutkan alasannya.
Ternyata, proses menyusui dan ASI yang diberikan ibu kepada buah hati bisa menimbulkan hormon endorfin, yaitu hormon yang memacu rasa senang. Endorfin diproduksi oleh tubuh manusia pada kelenjar pituitary yang terletak di bagian bawah otak.
Selain bisa menimbulkan rasa senang, endorfin juga dapat berfungsi menghilangkan rasa sakit. Ibarat morfin alami dalam tubuh, hormon endorfin itu bisa menjadikan ibu dan bayi merasakan perasaan senang dan tenang.
Itulah mengapa, selama dan setelah proses menyusui bayi bisa sampai tertidur pulas dan tidak lagi rewel. Begitu pula dengan ibu, ia akan merasakan ketenangan dan rasa bahagia. Bukan begitu Moms?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white