Mom
·
4 September 2020 19:27

Merasa Pusing Usai Berhubungan Seks, Apa Penyebabnya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Merasa Pusing Usai Berhubungan Seks, Apa Penyebabnya?  (86107)
Ilustrasi berhubungan seks. Foto: Shutterstock
Rutin berhubungan seks sebenarnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental Anda serta suami. Oleh sebab itu, sesibuk apapun Anda dan suami, sempatkan waktu untuk bermesraan ya, Moms. Meski begitu, ada beberapa orang yang justru mengalami gangguan kesehatan setelah bercinta.
ADVERTISEMENT
Misalnya saja, merasa pusing usai berhubungan seks. Lantas, apakah kondisi ini membahayakan?
Dikutip dari Medical News Today, pusing setelah berhubungan seks biasanya tidak menunjukkan masalah kesehatan serius.
Namun jika hal tersebut berlangsung lama dan semakin parah, kemungkinan Anda mengidap gangguan kesehatan yang gawat. Nah Moms, berikut ini adalah 10 penyebab pusing yang bisa Anda alami setelah berhubungan seks.

10 Penyebab Pusing Usai Berhubungan Seks

Merasa Pusing Usai Berhubungan Seks, Apa Penyebabnya?  (86108)
Ilustrasi sakit kepala Foto: Shutterstock

1. Dehidrasi

Menurut American Heart Association (AHA), dehidrasi terkadang bisa menyebabkan tekanan darah seseorang turun. Dehidrasi, meski ringan juga bisa menyebabkan gejala lain seperti pusing dan kelelahan. Ketika Anda berhubungan seks, mungkin Anda mengalami kelelahan sehingga pusing pun tidak bisa dihindari. Apalagi jika Anda dan pasangan tidak cukup minum banyak cairan sebelum dan sesudah bercinta.
ADVERTISEMENT

2. Lapar

Kelaparan menyebabkan penurunan kadar glukosa darah. Pusing setelah berhubungan seks bisa terjadi jika hubungan tersebut telah mengalihkan perhatian Anda dari rasa lapar untuk sementara. Namun, sering merasa lapar atau pusing bisa jadi tanda diabetes lho, Moms.

3. Perubahan Pernapasan

Gairah seksual bisa menyebabkan orang bernapas lebih dalam dan lebih cepat dari biasanya. Perubahan ini bisa menyebabkan penurunan jumlah karbondioksida dalam darah. Istilah medis untuk proses ini adalah hiperventilasi. Salah satu gejalanya adalah pusing.

4. Perubahan Postur atau Posisi Terlalu Cepat

Ketika berhubungan seks, Anda dan pasangan mungkin akan melakukan perubahan posisi sangat cepat. Nah hal tersebut bisa menyebabkan detak jantung meningkat secara tiba-tiba juga. Denyut jantung yang meningkat dapat membuat orang tersebut merasa sakit kepala dan bahkan dapat menyebabkannya pingsan lho, Moms.
ADVERTISEMENT

5. Perubahan Hormon

Seks menghasilkan kombinasi hormon dan neurotransmiter yang kuat. Bagi sebagian orang, bahan kimia ini menyebabkan perasaan euforia intens sementara yang dapat menyebabkan pusing. Anda merasa pusing akibat tubuh kembali ke keadaan normal dan melepaskan lebih sedikit zat kimia yang berhubungan dengan seks seperti dopamin.

6. Vertigo

Vertigo adalah jenis pusing yang menyebabkan seseorang merasa seolah-olah berputar. Kondisi ini disebabkan oleh masalah dengan telinga bagian dalam, yang membantu mengatur gerakan dan keseimbangan seseorang. Orang yang mengidap vertigo, bisa merasakan pusing setelah berhubungan seksual.

7. Tekanan Darah Tinggi

Seks dapat meningkatkan tekanan darah. Efek ini sangat mungkin terjadi jika seseorang berhubungan seks untuk waktu yang lama atau melakukan hubungan seks yang intens sampai kehabisan napas. Hal ini tentu saja membuat Anda merasa pusing, Moms. Namun pada kondisi yang normal, rasa pusingnya akan hilang sejalan dengan denyut jantung yang mulai normal. Tapi bila pusingnya terus memburuk, Anda harus segera menemui dokter.
ADVERTISEMENT

8. Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah juga bisa menyebabkan pusing setelah berhubungan seks. Seks dapat menyebabkan aliran emosi yang intens yang menstimulasi saraf vagus yang mentransmisikan informasi antara otak dan seluruh tubuh. Stimulasi berlebihan pada saraf ini untuk sementara melebarkan pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan darah Anda. Bahkan di kondisi yang parah, Anda atau pasangan bisa pingsan.

9. Stroke

Pusing setelah berhubungan seksual bisa menjadi tanda Anda mengalami stroke atau kekurangan aliran darah ke otak, yang dapat terjadi sebagai akibat dari pembuluh darah tersumbat atau bocor. Meskipun jarang terjadi, tapi kelompok tertentu seperti lansia, orang yang punya riwayat kesehatan jantung, dan sebelumnya pernah mengalami stroke, bisa mengalaminya, Moms.

10. Orang dengan Penyakit Jantung

Pusing setelah berhubungan seks biasanya tidak serius. Namun, terkadang hal ini bisa menjadi pertanda masalah kesehatan jantung. Orang yang mengalami ini biasanya yang mengidap darah tinggi, obesitas, riwayat kesehatan jantung yang buruk, dan orang dengan riwayat keluarga serangan jantung. Bila Anda merasakan pusing disertai nyeri dada sampai sulit bernapas, segera temui dokter.
ADVERTISEMENT