kumparan
23 April 2019 8:58

Moms, Begini Cara Baca Hasil USG Kehamilan

Ilustrasi foto USG Foto: Shutter Stock
Saat ibu hamil kontrol rutin untuk memeriksakan kandungan, dokter biasanya akan mencetak hasilnya dan memberikannya untuk Anda. Setelah itu dokter akan menjelaskan hasil USG tersebut pada Anda. Jika Anda melakukan USG 2D, maka hasilnya berupa gambar hitam putih yang disertai tulisan dengan kombinasi huruf dan angka yang menunjukkan perkembangan bayi.
ADVERTISEMENT
Sayangnya meski dokter sudah menjelaskan detail hasil USG mengenai pertumbuhan dan perkembangan janin Anda, sering kali ibu hamil kebingungan bahkan lupa dengan istilah-istilah yang terdapat di dalamnya.
Nah Moms, untuk menghindari hal itu, sebaiknya Anda perlu tahu istilah yang terdapat pada hasil USG tersebut. Sebagai panduan, kumparanMOM memberikan beberapa istilah umum yang tertera pada hasil USG:
GA
GA adalah singkatan dari Gestational Age. GA menunjukkan perkiran umur kehamilan, yang diukur berdasarkan panjang tungkai lengan, tungkai kaki atau diameter kepala, hingga perkembangan organ tubuh janin.
GS
GS atau Gestational Sac merupakan ukuran kantung kehamilan berupa bulatan hitam. GS umumnya muncul pada hasil USG trimester awal.
CRL
CRL atau Crown Rump Length adalah ukuran jarak dari ujung kepala sampai ujung kaki bayi, juga biasa digunakan dokter untuk mengukur janin di kehamilan trimester awal.
ADVERTISEMENT
EDD
EDD adalah singkatan dari Estimated Delivery Date yang merupakan keterangan mengenai perkiraan persalinan berdasarkan tanggal menstruasi. Istilah ini mungkin lebih dikenal dengan HPL atau hari perkiraan lahir.
BPD
BPD atau Biparietal Diameter adalah ukuran tulang pelipis kiri dan kanan. Biasanya digunakan untuk mengukur janin di trimester dua atau tiga.
AC
AC atau Abdominal Circumferencial merupkan ukuran lingkar perut bayi. Jika dikombinasikan dengan BPD maka akan menghasilkan perkiraan berat bayi.
Ilustrasi hamil melakukan USG 4 dimensi Foto: Shutter Stock
HC
HC atau Head Circumferencial adalah ukuran lingkaran kepala bayi.
FW
FW atau Fetal Weight adalah berat janin dalam kandungan.
FHR
FHR (Fetal Heart Rate) adalah frekuensi irama jantung bayi.
FL
FL atau Femur Length adalah ukuran panjang tulang paha bayi.
ADVERTISEMENT
LMP
LMP atau Last Menstrual Period adalah hitungan hari pertama haid terakhir, biasanya digunakan sebagai acuan umur janin atau bayi dalam kandungan.
Selain istilah, terdapat pula gradasi warna hitam dan putih pada cetakan hasil USG 2D. Warna-warna itu memiliki arti tersendiri. Seperti tulang yang merupakan jaringan padat akan terlihat berwarna putih. Dan rahim yang berisi cairan akan terlihat berwarna hitam.
Nah bagaimana, Moms, sudah jelas kan? Jadi jangan bingung lagi ya baca hasil cetak USG saat hamil.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan