kumparan
10 Oktober 2019 20:22

Morning After Pill, Pil KB Darurat yang Diminum Usai Berhubungan Seks

Pil
Ilustrasi obat. Foto: Pixabay
Bukan tidak mungkin suatu hari Anda lupa menggunakan kondom atau alat kontrasepsi lainnya saat berhubungan seks. Padahal, Anda sudah merencanakan jarak kehamilan berikutnya dengan suami. Alhasil Anda mungkin panik luar biasa setelah bercinta tanpa pengamanan.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, apakah Anda pernah mengalami hal ini juga?
Tenang dulu dan jangan panik. Meski berhubungan seks tanpa pengaman, sebenarnya Anda masih bisa mencegah terjadinya kehamilan dengan mengkonsumsi morning after pill. Ya, morning after pill adalah pil KB darurat yang bisa mencegah terjadinya kehamilan setelah berhubungan seks tanpa perlindungan dari alat kontrasepsi, Moms.
Meski begitu, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat dari morning after pill ini. Bahkan, banyak yang mengira bahwa morning after pill adalah obat penggugur kandungan atau aborsi. Padahal menurut dokter, hal itu jelas tidak benar, karena morning after pill bukanlah obat penggugur kandungan.
"Sebenarnya ini beda dengan obat menggugurkan kandungan. Kalau obat untuk menggugurkan kandungan biasanya sudah terjadi kehamilan. Tapi di sini isinya progesteron dosis tinggi yang gunanya untuk meninggikan hormon progestin di dalam tubuh kita yang mana seharusnya tidak tinggi," ujar dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG saat dihubungi kumparanMOM, Rabu (2/10).
ilustrasi seks
ilustrasi seks Foto: Shutterstock
Hormon progesteron tersebut, kata dr. Dinda, bekerja di dalam tubuh dengan cara mengacaukan dinding rahim untuk mencegah terjadinya kehamilan, Moms.
ADVERTISEMENT
"Setelah hormon progesteron itu tinggi, maka dia akan segera turun secara tiba-tiba ditandai dengan luruhnya dinding rahim. Jadi, suasana dalam dinding rahimnya itu dikacaukan sehingga apabila terjadi sel telur dan sperma dia enggak bisa menempel pada dinding rahim karena hormonnya sudah terganggu", kata dokter spesialis kandungan yang praktik di RS Brawijaya ini.
dr Dinda menjelaskan bahwa pil KB darurat ini tidak akan bekerja di dalam tubuh jika Anda sudah terlanjur hamil. Karenanya Anda disarankan untuk minum pil KB itu segera setelah berhubungan seks tanpa pengaman, Moms.
"Kalau sudah terjadi pembuahan ya enggak bisa. Ini kan sebenarnya emergency (darurat) apabila belum terjadi kehamilan. Sebab itu digunakan 72 jam setelah berhubungan seksual. Kalau lebih dari 3 hari ya enggak berguna", katanya.
ADVERTISEMENT
Seperti namanya, pil KB darurat hanya ditujukan untuk situasi darurat. Aditya A. Putra yang merupakan Head of Strategic Planning DKT Indonesia menjelaskan bahwa pil ini tidak dianjurkan dikonsumsi secara berulang-ulang sebagai alat kontrasepsi rutin. Ya Moms, DKT Indonesia juga mengeluarkan produk pil KB darurat yang diberi nama postpill.
Pil KB
Pil KB Foto: Gabi Sanda
Menurut Aditya, efek samping yang biasanya muncul setelah mengkonsumsi pil KB darurat adalah rasa mual, sakit kepala atau pusing. Pada sebagian wanita, bahkan mungkin saja mengalami gejala muntah dan payudaranya terasa lebih keras. Tapi tenang, umumnya efek samping ini tidak berlangsung lebih dari 24 jam.
"Postpill ini ada efek samping, tapi enggak akan lama kok biasanya," jelas Aditya saat ditemui kumparanMOM dalam acara Making Contraceptives Sexier, di Sahid Raya Hotel & Convention, Yogyakarta, Senin (30/9).
ADVERTISEMENT
Aditya juga menegaskan bahwa bahwa satu butir pil KB darurat, dosisnya setara dengan 5 butir pil KB biasa, Moms. Sehingga bila Anda yang berencana ingin mengkonsumsi atau membeli pil ini, tak perlu khawatir lagi dengan keamanannya.
"Satu postpill setara dengan 5 butir pil KB biasa. Sekarang kalau pil KB enggak ada masalah lantas kenapa harus masalah kalau beli postpill. Toh cara kerjanya sama. Sekali lagi itu bukan pil aborsi, ini alat kontrasepsi," jelasnya.
Ilustrasi pil
Ilustrasi pil. Foto: Pixabay
Bukan hanya ditujukan pada mereka yang lupa menggunakan alat pengaman, morning after pill juga bisa diminum korban pemerkosaan atau pasangan yang menggunakan kondom namun bocor atau lepas ketika digunakan.
Morning after pill ini bisa didapatkan di dokter atau bidan praktik. Bila perlu, mintalah pil KB darurat pada dokter atau bidan sebagai persediaan untuk dipakai apabila terjadi situasi darurat. Namun, bila Anda berencana ingin membeli sendiri di apotek, mintalah resep terlebih dahulu dari dokter atau bidan.
ADVERTISEMENT
Perlu Anda tahu, Moms, bahwa perlindungan morning after pill hanya berlaku setelah diminum saja. Pada saat berhubungan seksual berikutnya, risiko kehamilan akan tetap terjadi. Jadi, jika Anda memang ingin memberikan jarak kehamilan, sebaiknya Anda menggunakan alat kontrasepsi lainnya sebelum berhubungan seks, seperti suntik KB, IUD, atau implan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan