Mom
·
9 Februari 2021 11:57

MPASI Bayi 6 Bulan yang Bisa Bikin Gemuk

Konten ini diproduksi oleh kumparan
MPASI Bayi 6 Bulan yang Bisa Bikin Gemuk (37780)
MPASI Bayi 6 Bulan yang Bisa Bikin Gemuk. Foto: Shutterstock
Memantau grafik kenaikan berat badan bayi sangat penting agar kita bisa menentukan apakah berat badan si kecil sudah ideal atau sebaliknya. Bila berat badan bayi kurang misalnya, orang tua perlu berusaha meningkatkannya antara lain dengan pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI).
ADVERTISEMENT
Ya Moms, MPASI bayi penting untuk membantu tumbuh kembang bayi, termasuk untuk mencapai berat badan ideal.
Perlu diketahui, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) rentang normal berat badan bayi laki-laki usia 6 bulan adalah 6,4 - 9,7 kg atau rata-rata 7,9 kg. Sedangkan berat badan bayi perempuan dikatakan normal jika ada di antara 5,8 - 9,2 kg atau rata-rata 7,3 kg.
Nah Moms, jika berat badan si kecil kurang, coba beri MPASI dengan beberapa bahan makanan berikut ini.

5 Bahan MPASI Bayi 6 Bulan untuk Menambah Berat Badan

MPASI Bayi 6 Bulan yang Bisa Bikin Gemuk (37781)
Makanan bayi dari buah alpukat. Foto: shutterstock
1. Alpukat
Alpukat mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, E, dan K, Vitamin B, magnesium, seng, dan mangan, yang tentu saja baik untuk bayi. Selain itu, alpukat memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi dan lemak sehat yang bisa membantu meningkatkan berat badan bayi.
ADVERTISEMENT
5. Oatmeal
MPASI Bayi 6 Bulan yang Bisa Bikin Gemuk (37782)
Makanan bayi / MPASI : bubur pisang oatmeal. Foto: Shutterstock
Oatmeal mengandung serat, kalsium, protein dan vitamin B yang baik untuk menambah berat badan si kecil. Membuat MPASI bayi 6 bulan dengan bahan oatmeal pun mudah. Anda bisa mencampurnya dengan berbagai jenis sayuran, sumber protein maupun buah.
3. Keju
MPASI Bayi 6 Bulan yang Bisa Bikin Gemuk (37783)
'Bola-bola kentang keju. Foto: Shutter Stock
Keju merupakan olahan susu yang mengandung tinggi kalori, sehingga bisa membantu meningkatkan berat badan bayi. Anda bisa mencampurkan keju di dalam menu MPASI bayi sebagai penambah rasa atau potong keju kecil-kecil dan tawarkan sebagai finger food.
4. Minyak Zaitun
MPASI Bayi 6 Bulan yang Bisa Bikin Gemuk (37784)
Ilustrasi minyak zaitun. Foto: Shutter Stock
Minyak zaitun lemak nabati dan bisa memberi bayi kalori tinggi untuk menambah berat badannya. Tak hanya itu, zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bagi jantung dan pankreas bayi. Campurkan saja satu sendok teh minyak zaitun ke dalam makanan bayi atau gunakan untuk menumis bumbu saat membuat MPASI bayi 6 bulan.
ADVERTISEMENT
5. Kacang-kacangan
MPASI Bayi 6 Bulan yang Bisa Bikin Gemuk (37785)
BuatMPASI bayi 6 bulan dengan kacang-kacangan untuk menambah berat badan si kecil. Foto: Dok. Wikipedia
Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin, mineral, lemak, protein yang baik untuk bayi. Anda bisa membuat MPASI bayi 6 bulan dari kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai, kacang tanah, hingga kacang almond.
Namun tetap cermat dan selalu waspada ya, Moms. Pastikan si kecil tidak alergi. Agar lebih aman, coba lah berkonsultasi dengan dokter saat Anda membuat rencana pemberian MPASI untuk meningkatkan berat badan bayi.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis