Mom
·
14 Januari 2021 9:05

Nama Bayi Jawa dari Tokoh Perempuan Mengagumkan dalam Wayang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Nama Bayi Jawa dari Tokoh Perempuan Mengagumkan dalam Wayang  (70548)
Ilustrasi wayang Jawa Foto: Shutterstock
Dalam wayang atau pewayangan Jawa, ada banyak tokoh perempuan. Namun bila hendak menggunakannya untuk jadi nama bayi, kita perlu cermat dan berhati-hati.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, tak sedikit tokoh dalam pewayangan yang memiliki watak tak baik. Tentu bukan ini yang kita harapkan melekat pada si kecil kan, Moms.
Itulah kenapa kali ini, kumparanMOM memilihkan lima tokoh wayang perempuan yang terkenal cantik, baik dan mengagumkan untuk memudahkan Anda. Siapa saja?

Nama Bayi Jawa dari Tokoh Perempuan yang Berwatak Baik dalam Pewayangan

Nama Bayi Jawa dari Tokoh Perempuan Mengagumkan dalam Wayang  (70549)
Nama Bayi Perempuan dari Tokoh Pewayangan Jawa yang Berwatak Baik Foto: Shutterstock
1.Dewi Sri
Dewi Sri adalah putri sulung Prabu Sri Mahapunggung yang lekat dengan tradisi pertanian di Nusantara. Dia lah yang selalu disebut sebagai dewi kesuburan, kemakmuran dan kesejahteraan.
Banyak masyarakat Jawa hingga Bali percaya, karena kesucian jiwa Dewi Sri, tanah menjadi subur dan mampu melahirkan ragam tumbuhan yang bermanfaat untuk manusia di bumi. Mulai dari kelapa, sayur-mayur, bunga-bunga, buah-buahan, bermacam umbi hingga padi.
ADVERTISEMENT
Dewi Sri juga dikenal dengan beberapa nama lain. Yaitu Dewi Sulastri, Nyai Pohaci Sanghyang Asri, Sangiang Serri,
Memberi si kecil nama Dewi Sri? Kelak, bila ia memiliki adik perempuan, Anda bisa memberinya nama Dewi Sadana / Sedana, Moms. Sebab, inilah nama adik perempuan Dewi Sri yang juga terkenal cantik, murah hati, baik dan seperti sang kakak jadi lambang kemakmuran hasil bumi.
2.Dewi Anjani
Dewi Anjani adalah ibu dari Anoman/Hanoman, kera sakti yang turut membantu Rama dalam wiracarita Ramayana. Dewi Anjani dikenal sebagai sosok perempuan yang cantik, tidak serakah dan baik hati.
Ia dipercaya merupakan reinkarnasi bidadari bernama Punjikastala. Kisah lain menyebutkan, Dewi Anjani adalah anak sulung dari Resi Gotama di Grastina dengan bidadari Dewi Indradi, bidadari keturunan dari Bahara Asmara.
ADVERTISEMENT
Dalam satu lakon pewayangan dikisahkan, Dewi Anjani melakukan kesalahan namun segera menyadarinya. Karena watak yang baik ini, ia mendapat pengampunan dari para Dewa dan disemayamkan di istana para bidadari.
Nama Bayi Jawa dari Tokoh Perempuan Mengagumkan dalam Wayang  (70550)
Pertunjukan kesenian Wayang Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
3.Dewi Sumbadra
Dewi Sumbrada adalah satu dari istri Arjuna. Ia dikenal dengan paras yang cantik menawan, anggun, tingkah laku yang sopan, sabar dan tutur bahasa yang halus serta lembut.
Karena wataknya yang istimewa ini lah, Dewi Sumbadra menjadi gambaran atau acuan perilaku bagi para perempuan priyayi Jawa.
Dewi Sumbadra dikenal pula dengan nama Dewi Mrenges, Dewi Rara Ireng, Dewi Bratajaya dan Dewi Kendengpamali.
Nama Bayi Jawa dari Tokoh Perempuan Mengagumkan dalam Wayang  (70551)
Pertunjukan Srikandi Nekat Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
4.Dewi Srikandi
Mencari nama bayi Jawa atau nama bayi perempuan yang lekat dengan karakter cantik sekaligus tangguh dan berani? Pilih saja nama Dewi Sri.
ADVERTISEMENT
Seperti Dewi Sumbadra, Dewi Srikandi juga merupakan istri Arjuna. Tak hanya cantik, Srikandi merupakan sosok perempuan tangguh dan berani. Bahkan ia disebut sebagai salah satu pemanah paling andal dalam cerita pewayangan.
Dewi Srikandi juga dikenal kerap menunjukkan sikap tegas dalam menghadapi musuh-musuhnya. Namun dalam kemarahan sekali pun, dia mampu tetap bijak, anggun dan cantik. Itu lah kenapa, Dewi Srikandi selalu menjadi rujukan untuk menyebut perempuan-perempuan Indonesia yang berani.
Dewi Anggraeni
Dewi Anggraeni adalah istri dari Prabu Ekalawya, raja Paranggelung. Dia merupakan keturunan dari bidadari Warsiki.
Sepanjang hidupnya, Dewi Anggraeni dikenal berhati baik dan setia pada sang suami. Cintanya pada Prabu Ekalawya tidak luntur meski ia dikejar-kejar oleh Arjuna, Sang Ksatria yang banyak dipuja.
ADVERTISEMENT
Pantas jika masyarakat Jawa menganggap Dewi Anggraeni sebagai simbol kesetiaan dan ketulusan cinta.
Nah Moms, dari kelima sosok perempuan mengagumkan dalam pewayangan Jawa ini, adakah yang akan jadi inspirasi nama bayi Anda?