kumparan
6 November 2019 11:29

Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Nama Bunga, Huruf H - Z

bayi memegang bunga - POTRAIT
bayi memegang bunga - POTRAIT Foto: Shutterstock
Setiap orang tua, tentu ingin memilihkan nama bayi yang cantik dan punya arti baik untuk putri kecilnya. Sementara inspirasi namanya, bisa dari mana saja.
ADVERTISEMENT
Misalnya nama bayi dari nama-nama bunga. Ya Moms, siapa tahu kelak si kecil tumbuh cantik dan harum seperti bunga?
Berikut nama-nama yang jadi rekomendasi kumparanMOM untuk Anda, dengan huruf awalan H hingga Z:
bayi dan bunga
bayi dan bunga Foto: Shutterstock
  1. Heather
Heather adalah nama lain dari jenis bunga Calluna. Di Skotlandia, tanaman ini tumbuh di tanah tandus, seolah membawa kecantikan bahkan kehidupan pada area lahan yang berbatu.
  1. Holly
Nama Holly mungkin identik dengan momen Natal. Tapi sebenarnya, Holly juga nama bunga dari tanaman yang memiliki daun mengkilap. Bunga Holly berwarna putih kehijauan, dengan empat kelopak. Ia cantik meski tidak mencolok.
  1. Ivy
Sejak jaman Yunani Kuno, pengantin baru akan diberi karangan bunga Ivy untuk melambangkan kesetiaan mereka satu sama lain.
ADVERTISEMENT
  1. Iris
Bukan cuma nama bunga, Iris adalah nama dari Dewi Pelangi Yunani. Konon, Dewi Iris mengendarai pelangi sebagai jembatan dari surga ke bumi dan disebut sebagai simbol kekuasaan dan keagungan
Bunga Melati
Bunga Melati. Foto: Pixabay
  1. Jasmine/Jasmin/Yasmin
Bunga putih kecil ini dikenal cantik, lembut dan wangi. Bila ingin memberi nama bayi perempuan dengan nama bunga ini, Anda juga bisa memilih alternatif lain yang sangat Indonesia, yaitu: Melati.
  1. Leilani
Leilani adalah nama "bunga surgawi" dari Hawaii. Disebut bunga surgawi karena dalam bahasa Hawaii, "lani" berarti langit atau surga, sementara "lei" artinya bunga.
  1. Lily
Bagi masyarakat Inggris, bunga Lily adalah simbol kepolosan dan kemurnian. Lily juga bisa menjadi nama panggilan untuk Lillian atau Lilliana.
  1. Marigold
Nama ini populer di kalangan bangsawan Inggris dan dianggap simbol dari Bunda Maria.
ADVERTISEMENT
  1. Marguerite
Dalam bahasa Prancis, Marguerite artinya "bunga Daisy". Ini bisa jadi alternatif ejaan bila Anda ingin memberi si kecil nama Margaret.
Valentine
Ilustrasi bunga mawar. Foto: pixel2013/pixabay
  1. Poppy
Dalam bahasa Latin, Poppy berarti "bunga". Tapi di Eropa, bunga Poppy juga bisa menjadi simbol keindahan, kesuksesan dan imajinasi yang selalu hidup.
  1. Primrose
Dalam bahasa Inggris, nama ini berarti "mawar pertama" yang melambangkan cinta. Primroses hadir dalam banyak warna termasuk merah, kuning, biru, biru-ungu, putih dan krem.
Nama Primrose juga terkenal melalui tokoh adik perempuan Katniss dalam trilogi The Hunger Games.
  1. Rose
Nama klasik yang berasal dari Latin ini memiliki banyak variasi. Anda bisa memberi nama bayi perempuan Anda Rosetta, Rosalie atau Rosemary dan memanggilnya Rose.
ADVERTISEMENT
Mau menggabungkan nama Rose dengan nama bunga lain? Tiru saja Johnny Depp yang menamakan bayinya Lily-Rose Depp.
  1. Sage
Dalam bahasa Latin, Sage artinya "bijak". Bunga Sage dikenal juga dengan nama Salvia yang memiliki batang kayu, daun keabu-abuan, dan kelompak biru keunguan.
  1. Sakura
Siapa yang tak kenal dengan bunga Sakura. Termahsyur akan kecantikannya, bunga ini identik dengan negeri matahari terbit yaitu Jepang.
  1. Seruni
Bunga Seruni, Krisan, atau Krisantemum adalah bunga yang juga identik dengan masyarakat Jepang. Namun nama Seruni, bisa jadi pilihan bernapas Indonesia untuk nama bayi perempuan Anda.
bayi memegang bunga
bayi memegang bunga Foto: Shutterstock
  1. Vinca
Vinca adalah nama lain untuk bunga Tapak Dara. Bunga kecil yang manis dengan lima kelopak ini memiliki banyak khasiat sehingga masuk dalam tanaman obat.
ADVERTISEMENT
  1. Violet / Viola
Violet atau Viola adalah nama bunga dari Afrika. Kata 'Violet' berasal dari nama Latin 'Viola' yang berarti "ungu." Berbunga pada musim semi, Violet terkenal cantik dan disukai banyak orang.
bayi perempuan
bayi perempuan Foto: Shutterstock
  1. Widuri
Bunga Widuri adalah salah satu bunga khas Indonesia. Disebut juga Biduri, bunga ini penuh manfaat dan bisa dijadikan obat.
  1. Wisteria
Bunga wisteria adalah bunga dari daerah 4 musim seperti China, Jepang, Korea dan Amerika Serikat. Warnanya ungu cerah dan indah, sehingga kerap dijadikan bunga hias.
  1. Zinnia
Zinnia adalah jenis tanaman suku bunga matahari dalam keluarga Daisy. Asalnya dari Amerika Serikat Barat Daya ke Amerika Selatan, dengan pusat keanekaragaman di Meksiko. Yang jelas, Zinnia unik dan tidak pasaran untuk jadi nama bayi perempuan Anda.
ADVERTISEMENT
Ingin tahu pilihan nama lain yang diawali huruf A hingga G? Simak artikel ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan