Mom
·
15 November 2020 11:59

Obat Alami untuk Anak Sakit Perut

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Obat Alami untuk Anak Sakit Perut (14441)
Ilustrasi anak sakit perut. Foto: Shutterstock
Sakit perut bisa dialami siapa saja, termasuk anak. Sakit perut utamanya kerap dialami oleh anak yang berusia empat sampai delapan tahun.
ADVERTISEMENT
Sebabnya bisa beragam, mulai dari keracunan makanan, konstipasi, hingga infeksi perut. Biasanya, dokter akan menentukan obat-obatan yang diberikan untuk mengatasi sakit perut pada anak sesuai dengan penyebabnya.
Tapi sebelum membawa si kecil ke dokter, sebagai pertolongan pertama cobalah memberi anak beberapa obat alami di rumah. Ya Moms, mengutip Boldsky ada beberapa hal yang dapat diberikan pada anak jika mereka sakit perut:

5 Obat Alami untuk Atasi Sakit Perut

Obat Alami untuk Anak Sakit Perut (14442)
Ilustrasi anak sakit perut Foto: Shutterstock
Kompres Air Hangat
Tuangkan air hangat dalam botol minum kesayangan anak lalu minta anak untuk meletakkannya di sekitar perut yang sakit. Tekanan panas yang diberikan, bisa membuat perut terasa lebih rileks dan tidak tegang.
Tidak hanya itu, panas yang dihadirkan juga meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit yang bisa mengurangi rasa yang timbul di perut.
ADVERTISEMENT
Jahe
Obat Alami untuk Anak Sakit Perut (14443)
Jahe bisa membantu meredakan sakit perut Foto: Dok.pixabay
Jahe mengandung antioksidan kuat yang disebut "Gingerol" yang dapat membantu mengurangi pembentukan radikal bebas serta kerusakan yang disebabkan oleh infeksi perut. Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk mengobati rasa mual ketika anak sakit perut.
Sifat anti-inflamasi jahe juga mampu meningkatkan cairan pencernaan dan menetralkan asam lambung. Anda dapat memberi teh jahe buatan sendiri kepada anak atau mengolah jahe menjadi salah satu bahan masakan favorit anak seperti sup ayam.
Yoghurt
Obat Alami untuk Anak Sakit Perut (14444)
Ilustrasi anak makan yoghurt. Foto: Shutterstock
Yoghurt dianggap sebagai salah satu solusi terbaik untuk gangguan pencernaan. Yoghurt memberikan bakteri baik ke usus yang membantu pencernaan. Mengkonsumsi yoghurt dapat membantu meredakan sekaligus mencegah sakit perut bila dikonsumsi setiap hari.
Teh Pappermint
Obat Alami untuk Anak Sakit Perut (14445)
Teh pappermint jadi obat alami untuk atasi sakit perut pada anak Foto: Shutterstock
Teh yang terbuat dari daun pappermint berkhasiat meredakan sakit perut pada anak. Studi menunjukkan peppermint memiliki efek menenangkan pada otot perut. Peppermint juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran empedu yang digunakan oleh tubuh Anda untuk mencerna makanan.
ADVERTISEMENT
Bermain
Obat Alami untuk Anak Sakit Perut (14446)
Ilustrasi anak bermain jungkat-jungkit. Foto: Shutterstock
Yang terakhir, dorong lah anak untuk bangkit dari tempat tidur dan pergi bermain. Sebab terus menerus tidur di kamar tidak akan membuat rasa sakit perutnya hilang.
Dengan bermain anak dapat melupakan rasa tidak nyaman di perutnya hingga hilang sama sekali alias tidak sakit lagi.
Tapi cermati selalu kondisi si kecil ya, Moms. Apabila sakit perutnya tak juga reda, sebaiknya bawa anak ke dokter agar dapat diperiksa dengan seksama .