Parenting Islami: Adakah Doa Khusus untuk Bayi Baru Lahir?

24 April 2020 7:58
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Parenting Islami: Adakah Doa Khusus untuk Bayi Baru Lahir? (65516)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu dan bayi baru lahir. Foto: Shutterstock
Setelah 9 bulan mengandung, akhirnya momen persalinan itu datang juga. Kebahagiaan Anda dan suami pun semakin bertambah ketika pertama kali mendengar tangis sang bayi saat lahir.
ADVERTISEMENT
Rasa syukur tentu harus Anda panjatkan kepada Allah SWT, sebab anak merupakan titipan dari Yang Maha Kuasa untuk dirawat dan dibesarkan dengan sebaik-baiknya. Anak juga merupakan wujud karunia Allah yang begitu besar. Maka tak heran, jika keberadaannya dapat mendatangkan rezeki yang berkah.
Lantas, untuk mensyukuri hal tersebut, adakah doa khusus untuk bayi baru lahir?
Parenting Islami: Adakah Doa Khusus untuk Bayi Baru Lahir? (65517)
searchPerbesar
ilustsrasi bayi baru lahir Foto: Shutterstock
Dr. Mauidlotun Nisa, Lc., M.Hum., atau akrab disapa Ustazah Nisa menjelaskan bahwa kelahiran seorang anak merupakan sebuah anugerah yang luar biasa sehingga momen ini akan jadi kebahagiaan bagi segenap keluarga. Kebahagiaan tersebut juga tidak luput dari sikap iri dan khasud atau dengki bagi orang lain sehingga keamanan keluarga dan bayi sangat penting.
Oleh karena itu, Ustazah Nisa menuturkan, orang tua penting berdoa untuk sang bayi agar terhindar dari bahaya manusia dan makhluk lain. Namun menurutnya, tak ada doa khusus untuk bayi baru lahir.
ADVERTISEMENT
"Tidak ada doa khusus untu bayi yang baru lahir. Karena hampir semua doa yang baik penting untuk dipanjatkan," kata Ustazah Nisa kepada kumparanMOM pada Kamis (16/4).
Parenting Islami: Adakah Doa Khusus untuk Bayi Baru Lahir? (65518)
searchPerbesar
Bayi baru lahir di ruang bersalin Foto: Shuttterstock
Menurut Ustazah Nisa, adapun doa penting Nabi Ibrahim saat dikaruniai anak adalah sebagai berikut.
رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ
Rabbij'alnī muqīmaṣ-ṣalāti wa min żurriyyatī rabbanā wa taqabbal du'ā`
Artinya: "Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku." (QS Ibrahim: 40)
Parenting Islami: Adakah Doa Khusus untuk Bayi Baru Lahir? (65519)
searchPerbesar
Ilustrasi ayah bersama bayi. Foto: Shutter Stock
Direktur Rumah Quran dan Bahasa Al-Mujtaba sekaligus Dosen Prodi Magister Bahasa Arab UIN Jakarta ini menambahkan, sebenarnya ada banyak doa yang bisa diucapkan saat bayi baru lahir. Akan tetapi, menurutnya, doa terbaik adalah doa para nabi yang ada dalam Al-Quran. Seperti doa Nabi Sulaiman yang terdapat dalam surat Al-Ahqaaf ayat 15 berikut.
ADVERTISEMENT
رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ
"Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang ibu-bapakku, dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai, serta berilah kebaikan kepadaku dengan memberi kebaikan kepada anak cucuku. Sungguh aku bertaubat kepada-Mu, dan sungguh aku adalah termasuk golongan orang-orang yang berserah diri." (QS. Al-Ahqaaf: 15).
Parenting Islami: Adakah Doa Khusus untuk Bayi Baru Lahir? (65520)
searchPerbesar
ayah dan bayi baru lahir Foto: Shutterstock
Selain itu, ada banyak perlakuan baik yang dapat orang tua lakukan saat anaknya lahir. Salah satunya mengazani dalam rangka memberikan pondasi tauhid.
"Redaksi azan adalah redaksi tauhid terbaik untuk didengarkan saat manusia pertama kali ada di dunia. Karena potensi indra manusia pertama kali yang berfungsi adalah indra pendengaran (al-sam'a)," tutupnya.
ADVERTISEMENT
وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Artinya: "Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur." (QS. Al-Nahl: 78).
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020