Mom
·
19 September 2020 9:31

Penciuman Jadi Lebih Sensitif selama Hamil? Ini Penyebabnya, Moms

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penciuman Jadi Lebih Sensitif selama Hamil? Ini Penyebabnya, Moms (94054)
Ilustrasi ibu hamil mual karena penciuman lebih sensitif. Foto: Shutterstock
Selama hamil, ada banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh Anda. Salah satunya, indra penciuman yang jadi lebih sensitif alias lebih peka dari biasanya atau biasa dikenal dengan istilah hiperosmia.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, aroma makanan, minuman, atau bahkan parfum sang suami yang biasanya tak menimbulkan reaksi apa pun, kini bisa saja memicu rasa mual atau muntah (morning sickness). Bahkan tak jarang, ada beberapa ibu yang jadi membenci aroma tersebut. Hmm, kira-kira apa penyebabnya, ya?
Penciuman Jadi Lebih Sensitif selama Hamil? Ini Penyebabnya, Moms (94055)
Ilustrasi Penciuman Jadi Lebih Sensitif selama Hamil? Ini Penyebabnya, Moms Foto: Shutterstock

Penyebab Penciuman Ibu Hamil Jadi Lebih Sensitif

Dilansir Babygaga, rupanya hal ini lumrah terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini pun biasanya terjadi di trimester pertama kehamilan atau awal kehamilan akibat perubahan hormon.
Ya, saat hamil, hormon estrogen meningkat. Hal inilah yang sering dikaitkan dengan peningkatan daya penciumannya. Dalam sebuah studi, kadar hormon estrogen yang tinggi ini membuat sensitivitas indra penciuman juga lebih tajam.
Namun beberapa studi juga menyebutkan bahwa kadar estrogen ini bisa naik turun. Sehingga, tak selamanya ibu hamil akan terus merasakan penciumannya jadi lebih sensitif.
ADVERTISEMENT
Itu artinya, kondisi ini secara perlahan akan hilang dengan sendirinya. Biasanya akan mereda di trimester kedua dan berubah ke semula begitu bayi lahir. Sehingga, berbagai hal yang berkaitan dengan 'aroma tak sedap' akan kembali normal.
Banyak ahli juga percaya bahwa kondisi ini adalah salah satu pemicu morning sickness. Menurut mereka hal ini pun tentu akan memberi keuntungan bagi ibu hamil karena dapat melindungi dirinya dari makanan yang mengandung bahan-bahan kimia atau bahkan beracun. Ya Moms, seperti yang kita tahu, mengonsumsi makanan tertentu memang bisa membahayakan janin. Selain itu, ibu yang mengalami mual muntah juga dipercaya memiliki risiko keguguran yang rendah.
Penciuman Jadi Lebih Sensitif selama Hamil? Ini Penyebabnya, Moms (94056)
Ilustrasi ibu hamil mual Foto: Shutterstock

Tips Atasi Indra Penciuman yang Sensitif saat Hamil

Untuk itu, apabila ibu hamil merasa terganggu dengan aroma yang dicium di sekitarnya, tetap tenang dan jangan cemas, ya! Hal yang dapat Anda lakukan adalah hindari sumber aroma yang tak Anda sukai itu.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Anda bisa menggunakan minyak esensial beberapa tetes di tangan atau sapu tangan Anda, Moms. Biasanya, aroma terapi ini dapat menenangkan pikiran sehingga Anda pun dapat beraktivitas dengan nyaman.