Mom
·
15 September 2021 19:16
·
waktu baca 2 menit

Penyebab Anak Balita Mendengkur saat Tidur

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyebab Anak Balita Mendengkur saat Tidur (150603)
searchPerbesar
Penyebab Anak Balita Mendengkur saat Tidur Foto: Shutterstock
Tidak hanya orang dewasa, mendengkur atau ngorok juga bisa terjadi pada anak balita saat tidur. Ya Moms, mendengkur biasanya terjadi karena jalan napas anak terganggu. Sehingga, udara yang masuk menimbulkan getaran pada jaringan di tenggorokan.
ADVERTISEMENT
Sleep Foundation melansir, hampir 27 persen anak diketahui sesekali mendengkur ringan saat tidur. Meski begitu, umumnya mendengkur bukanlah masalah yang serius dan tidak perlu dikhawatirkan, Moms. Nah, agar lebih jelas, berikut adalah penyebab umum mendengkur yang dialami balita saat tidur.

Penyebab Anak Balita Mendengkur saat Tidur

1. Hidung Tersumbat
Penyebab Anak Balita Mendengkur saat Tidur (150604)
searchPerbesar
Ilustrasi anak balita tidur mendengkur. Foto: Shutter Stock
Hidung anak balita yang tersumbat biasanya disebabkan oleh alergi atau infeksi. Ketika hidungnya tersumbat, mereka tidak dapat bernapas dengan baik lewat hidungnya. Untuk itu, sebagian besar anak akan mencoba bernapas melalui mulut sehingga muncul suara dengkuran.
2. Amandel dan Kelenjar Gondok yang Membengkak
Amandel dan kelenjar tiroid (kelenjar gondok) yang membesar dapat menghalangi jalan napas anak balita. Mengutip My Snoring Solutions, pembekakkan tersebut biasanya terjadi sebagai akibat dari sistem kekebalan tubuh yang berusaha untuk melawan penyakit. Dalam kebanyakan kasus, ketika infeksi mereda, amandel dan kelenjar gondok akan kembali ke ukuran normal dan dengkuran pun akan berhenti.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
3. Alergi
Penyebab Anak Balita Mendengkur saat Tidur (150605)
searchPerbesar
Ilustrasi anak balita tidur mendengkur. Foto: Shutter Stock
Saat alergi pada anak balita kambuh, kondisi ini bisa menyebabkan peradangan pada hidung dan tenggorokannya. Si kecil pun jadi lebih sulit untuk menghirup oksigen yang cukup melalui hidung, terutama di malam hari dalam posisi tidur tengkurap. Hal itu biasanya membuat balita bernapas lewat mulut dan muncul suara ngorok.
4. Kualitas Udara Buruk
Bila di rumah ada anggota keluarga yang merokok misalnya, ini bisa mengakibatkan kualitas udara di rumah buruk dan bisa sebabkan anak balita mendengkur saat tidur. What to Expect melansir, saat paru-paru dan saluran napas terkontaminasi, mereka harus bekerja ekstra untuk menyaring udara.
Kondisi ini pun membuat iritasi jaringan di saluran pernapasan si kecil dan membuat peningkatan produksi lendir. Sehingga, muncullah suara dengkuran karena balita kesulitan bernapas melalui hidung.
ADVERTISEMENT
Nah, itulah beberapa penyebab umum anak balita mendengkur saat tidur, Moms. Namun jika tidak mereda, dengkuran memang bisa jadi merupakan pertanda si kecil sedang mengalami gangguan kesehatan. Segera bawa balita ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.