Mom
·
2 April 2018 9:43

Penyebab dan Cara Atasi Stretch Mark saat Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyebab dan Cara Atasi Stretch Mark saat Hamil  (284916)
Stretch mark pada ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil, salah satunya adalah timbulnya stretch mark atau guratan pada tubuh. Stretch mark biasanya muncul pada bagian perut, payudara, paha, atau bokong. Warna guratan tersebut beragam, seperti putih, merah muda, cokelat kemerahan, atau ungu, tergantung dari warna kulit ibu hamil.
ADVERTISEMENT
Stretch mark biasanya dialami ibu hamil saat usia kandungannya memasuki trimester akhir. Tapi Anda tak perlu khawatir, karena kondisi tersebut adalah hal yang normal. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa 90 persen wanita hamil mempunyai stretch mark di tubuhnya.
Mengutip laman Baby Center, stretch mark terjadi karena pengaruh hormon dan akibat meregangnya kulit yang mengakomodasi perkembangan janin. Kondisi itu membuat perubahan pada jaringan elastis yang terletak tepat di bawah kulit.
Meski tak berbahaya, stretch mark biasanya membuat ibu hamil menjadi kurang percaya diri pada penampilannya.
Nah Moms, untuk menyamarkan stretch mark pada tubuh, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti yang kumparanMOM (kumparan.com) rangkum berikut ini:
Minyak Zaitun
Penyebab dan Cara Atasi Stretch Mark saat Hamil  (284917)
Minyak zaitun. (Foto: Thinkstock)
Minyak zaitun mengandung vitamin E dan zat antioksidan yang bermanfaat untuk menyamarkan stretch mark dan melembabkan kulit. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada bagian kulit yang terkena stretch mark secara lembut dan pelan. Hindari melakukan penekanan pada area perut agar tidak menyebabkan gangguan kehamilan.
ADVERTISEMENT
Masker Gel Lidah Buaya
Penyebab dan Cara Atasi Stretch Mark saat Hamil  (284918)
Lidah buaya. (Foto: Thinkstock)
Khasiat gel lidah buaya terkenal mampu membuat kulit menjadi lebih lembab dan elastis. Anda cukup mengambil gel lidah dengan mengupas kulitnya. Gunakan gel secara langsung pada bagian kulit yang terkena stretch mark. Cara ini juga bisa mencegah stretch mark sebelum muncul dan membuat kulit menjadi lebih lembut.
Masker Putih Telur
Penyebab dan Cara Atasi Stretch Mark saat Hamil  (284919)
Putih Telur (Foto: youtube)
Putih telur adalah sumber protein alami yang mampu membantu regenerasi sel kulit, menghilangkan sel kulit mati, dan membuat kulit lebih putih.
Anda hanya perlu mengoleskan putih telur di bagian kulit yang terkena stretch mark dan tunggu hingga kering. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.
Lemon
Penyebab dan Cara Atasi Stretch Mark saat Hamil  (284920)
Ilustrasi lemon. (Foto: Pixabay)
Lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa membuat kulit menjadi lebih lembab dan elastis.
ADVERTISEMENT
Anda bisa memeras lemon kemudian mengoleskannya di kulit yang terkena stretch mark. Tunggulah hingga kering dan bilas menggunakan air dingin.
Perawatan ini dapat Anda lanjutkan juga saat sudah melahirkan nanti, Moms! Semoga berhasil. ya