Mom
·
23 Oktober 2020 15:37

Penyebab Lingkaran Hitam di Bawah Mata Anak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyebab Lingkaran Hitam di Bawah Mata Anak (395783)
Lingkaran Hitam di Bawah Mata Anak. Foto: Shutterstock
Lingkaran hitam di bawah mata, ternyata tak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi juga bisa dimiliki anak, Moms. Beberapa orang mungkin menganggap lingkaran hitam ini disebabkan karena kelelahan, kurang tidur, atau karena anak mengalami kekurangan nutrisi.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Healthcare Universitas Utah, Amerika Serikat, Dokter Spesialis Anak, dr. Cindy Gellner mengatakan bahwa banyak orang tua yang sangat mengkhawatirkan lingkaran hitam pada mata anak dan mengira itu adalah tanda bahaya. Lantas, apa penyebab lingkaran hitam di bawah mata, ya?
Penyebab Lingkaran Hitam di Bawah Mata Anak (395784)
Lingkaran Hitam di Bawah Mata Anak. Foto: Shutterstock

Penyebab Lingkaran Hitam pada Mata Anak

dr. Gellner mengatakan, biasanya orang tua akan mengira bahwa lingkaran mata ini disebabkan karena anak kekurangan darah atau anemia akibat kurang tidur. Bahkan orang tua meminta untuk melakukan tes laboratorium untuk memastikannya. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab itu bukan sesuatu yang berbahaya.
"Lingkaran hitam di bawah mata anak juga biasanya bukan karena kurang tidur. Jadi apa alasan paling umum dari mata panda itu? Hidung tersumbat dan genetika," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Lingkaran hitam di bawah mata seringkali disebabkan oleh pembuluh darah di sekitar mata yang membesar dan semakin gelap jika hidung tersumbat, Moms. Anak-anak kerap mengalami hidung tersumbat jika mengalami pilek atau alergi.
"Bisa juga disebabkan oleh kelenjar gondok yang besar. Ini adalah kelenjar getah bening yang berada di atas amandel dan di belakang hidung. Anak-anak dengan kelenjar gondok besar, biasanya ditandai dengan bernapas lewat mulut dan mendengkur keras," kata dr. Gellner.
Nah, jika Anda atau suami memiliki lingkaran hitam di bawah mata, kemungkinan besar si kecil menurunkannya. Beberapa orang secara genetik memiliki kulit yang lebih tipis di bawah mata. Jika anak Anda berkulit putih, mereka juga tampak memiliki lingkaran hitam di bawah matanya, karena pembuluh darah terlihat di bawah kulit.
Penyebab Lingkaran Hitam di Bawah Mata Anak (395785)
Ilustrasi anak ke dokter mata Foto: Shutterstock

Kapan Harus Khawatir dan Membawa Anak ke Dokter?

Lingkaran di bawah mata memang tidak berbahaya jika secara genetik Anda dan suami memang memilikinya. Namun, penting untuk mengidentifikasi dan menangani kondisi yang tidak biasa pada anak. Seperti dalam kasus kondisi yang parah, rhinitis alergi dan asma anak tidak terkendali, Anda harus segera membawanya ke dokter.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Anda patut waspada jika secara genetik Anda atau suami tidak memiliki lingkaran hitam di bawah mata, sementara si kecil memilikinya. Mungkin saja ini terjadi akibat anak mengidap kanker langka yakni neuroblastomas. Ciri-cirinya seperti si kecil mempunyai dua mata hitam seperti habis dipukul.
"Penyebab lingkaran hitam di bawah mata mungkin menjadi sesuatu yang lebih serius, jika anak Anda mengalami gejala lain yang lebih mengkhawatirkan. Dokter akan membantu untuk menentukan apakah pengujian lebih lanjut diperlukan," tutup dr. Gellner.