Mom
·
23 November 2020 8:01

Penyebab Rambut Rontok saat Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyebab Rambut Rontok saat Hamil (12296)
Rambut rontok jadi salah satu permasalahan ibu hamil Foto: Shutterstock
Tidak ada orang yang ingin mengalami kerontokan rambut. Maklum, rambut jadi mahkota di kepala yang dapat menjadikan tampilan lebih menarik. Sayangnya, ada kondisi di mana rambut rontok seolah tidak dapat dihindari. Saat hamil, misalnya.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, kerontokan rambut merupakan masalah yang kerap dialami ibu hamil. Jadi bila Anda tengah mengandung dan mengalaminya, tidak usah panik. Hal ini wajar terjadi.
Lantas, apa sebenarnya yang jadi penyebab kerontokan rambut saat hamil?

Penyebab Kerontokan Rambut saat Hamil

Penyebab Rambut Rontok saat Hamil (12297)
Penyebab Rambut Rontok saat Hamil Foto: Shutterstock
Mengutip laman resmi American Pregnancy Association, bila hendak membahas soal rambut rontok, perlu lebih dulu dipahami bawah sekitar 90% rambut kita tumbuh pada satu waktu, sementara 10% lainnya memasuki fase istirahat.
Setiap dua hingga tiga bulan rambut yang beristirahat akan rontok dan memungkinkan rambut baru tumbuh di tempatnya. Jadi hamil atau tidak, kerontokan rambut memang akan terjadi dan merupakan bagian dari siklus alami yang normal.
Namun selama kehamilan, memang ada peningkatan jumlah rambut memasuki fase istirahat. Sehingga ibu hamil mungkin merasa rambutnya lebih banyak rontok. Hal ini disebabkan oleh hormon dan bisa juga meningkat karena ibu hamil kekurangan vitamin atau mineral.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada juga kondisi kerontokan rambut yang berlebihan yang terjadi satu sampai lima bulan setelah kehamilan. Kondisi ini disebut telogen effluvium.
Tapi tenang Moms, kondisi ini pun tidak akan sampai menyebabkan kebotakan atau kerontokan rambut permanen dan akan mulai berkurang dalam 3-4 bulan setelah melahirkan.

Tips Cegah Rambut Rontok Berlebihan saat Hamil

Penyebab Rambut Rontok saat Hamil (12298)
Ilustrasi pola makan sehat untuk ibu hamil Foto: Shutterstock
Untuk mencegah rambut rontok berlebihan saat hamil, hindarilah makanan-makanan yang tidak dapat merangsang pertumbuhan rambut seperti makanan berlemak maupun berminyak. Lebih baik, konsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi dan sayuran hijau.
Apa lagi? Coba konsumsi makanan yang banyak mengandung omega-3 untuk menebalkan dan menyuburkan rambut.
Memotong pendek rambut juga bisa jadi salah satu cara yang paling tepat untuk menghentikan kerontokan rambut saat hamil. Sebab perempuan yang memiliki rambut panjang akan lebih mungkin mengalami kerontokan rambut dibandingkan mereka yang memiliki rambut pendek.
ADVERTISEMENT
Yang terakhir, hindarilah menata rambut berlebihan, Moms! Karena dapat membuat jadi lebih rapuh dan kering sehingga mudah rontok.