Mom
·
14 Januari 2021 10:04

Penyebab Ruam di Leher Bayi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyebab Ruam di Leher Bayi (422166)
Ilustrasi ruam di leher bayi. Foto: Shutterstock
Ruam merupakan salah satu masalah kulit yang kerap kali terjadi pada bayi. Hal itu biasanya disebabkan karena kulit bayi masih sangat sensitif terhadap hal-hal baru di sekitarnya, seperti udara hingga penggunaan produk bayi tertentu.
ADVERTISEMENT
Salah satu bagian tubuh yang mungkin saja timbul ruam adalah di daerah leher, Moms. Ruam leher terkadang tidak terlihat, karena berada di lipatan-lipatan kulit bayi. Mungkin ruam leher bukanlah masalah serius untuk bayi, namun kondisi itu tetap membutuhkan perawatan.
Ruam pada leher bayi biasanya terlihat seperti adanya tekstur berupa bentol kecil-kecil di kulit si kecil. Ruam memiliki warna kemerahan, apalagi jika si kecil mempunyai warna kulit yang cerah. Dikutip dari laman Mom Junction, kondisi ruam leher pada bayi mempunyai penyebab yang berbeda-beda.
Apa saja, ya, penyebabnya?

Penyebab Ruam di Leher Bayi

Penyebab Ruam di Leher Bayi (422167)
Ilustrasi bayi baru lahir dengan rambut lebat. Foto: Shutter Stock
  1. Tetesan susu
Saat bayi menyusu dari ASI maupun botol, ia sering kali mengeluarkan sisa-sisa susunya melalui mulut. Tetesan susu ini terkumpul di lipatan kulit leher. Jika tidak dibersihkan dengan benar, kondisi kulit yang lembap akan menjadi tempat berkembang biaknya infeksi mikroba. Hal ini bisa menyebabkan rasa gatal dan menimbulkan adanya ruam di leher bayi.
ADVERTISEMENT
  1. Air liur
Bayi yang terus-terusan mengeluarkan air liur adalah hal biasa. Air liur yang dikeluarkan membantu bayi menyingkirkan kuman yang ada di mulutnya. Namun, air liur ini sering menetes dari mulut ke lipatan kulit di daerah leher. Jika tidak segera dibersihkan, pengendapan kelembapan pada lipatan kulit ini dapat menyebabkan ruam kulit akibat gesekan dan infestasi mikroba.
  1. Biang keringat
Penyebab Ruam di Leher Bayi (422168)
Bayi Perempuan. Foto: Shutterstock
Kondisi biang keringat pada bayi ditandai dengan ruam dan bintik kemerahan pada kulit si kecil. Kondisi biang keringat pada bayi disebabkan terjadi karena adanya penyumbatan pada kelenjar keringat yang tersebar di kulit. Biang keringat juga biasa disebut dengan ruam panas yang bisa terjadi di leher bayi dan bagian tubuh lainnya.
ADVERTISEMENT
  1. Gesekan
Penggunaan pakaian bayi dengan bahan yang kasar juga mempunyai risiko menimbulkan ruam saat bergesekan dengan kulitnya. Selain itu, gesekan juga sering terjadi di antara lipatan leher bayi. Apalagi jika bayi memiliki tubuh yang gemuk, maka gesekan akan lebih sering terjadi.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis