Mom
·
5 Juli 2021 8:10
·
waktu baca 2 menit

Perbedaan Susu Beruang, Susu UHT dan Pasteurisasi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perbedaan Susu Beruang, Susu UHT dan Pasteurisasi (540007)
searchPerbesar
Susu Beruang, Susu UHT dan Pasteurisasi, Apa Bedanya? Foto: Imesh
Moms, akrab kah Anda dengan susu beruang? Susu beruang adalah sebutan populer untuk susu steril siap minum merek Bear Brand.
ADVERTISEMENT
Belakangan, susu produksi Nestle ini trending di twitter. Bahkan pada Sabtu (3/7), susu produksi Nestle itu jadi salah satu trending nasional dengan 15.300 tweet.
Salah satu unggahan di twitter tentang susu Bear Brand yang paling banyak mendapat respons dari netizen, diposting oleh akun @ezash. Pemilik akun bernama Eza Hazami mengunggah video berdurasi 29 detik yang menunjukkan sejumlah konsumen sebuah pusat perbelanjaan, berebut susu Bear Brand tersebut. Video tersebut sudah dilihat hampir 650 ribu kali dan mendapat like lebih dari 10.200.
Tak ada penjelasan soal lokasi dan waktu terjadinya peristiwa yang diunggah di twitter tersebut. Tapi netizen mengaitkannya dengan kepercayaan sebagian masyarakat bahwa susu beruang bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga baik untuk melawan Corona!
ADVERTISEMENT
Benarkah demikian? Kalau memang begitu, apa yang membuat susu beruang berbeda dengan susu siap minum lainnya seperti susu UHT dan susu pasteurisasi?

Beda Susu Beruang, Susu UHT dan Susu Pasteurisasi

Perbedaan Susu Beruang, Susu UHT dan Pasteurisasi (540008)
searchPerbesar
Perbedaan Susu Beruang, Susu UHT dan Pasteurisasi Foto: Imesh
Seperti sudah disebut di atas, susu beruang atau Bear Brand merupakan produk susu steril. Apa maksudnya?
Science Direct melansir, susu steril merupakan susu yang dipanaskan untuk membunuh bakteri yang terkandung di dalamnya. Pertama, susu dipanaskan terlebih dulu, disterilkan alias dipanaskan dengan suhu sekitar 138-145 derajat Celsius selama 2 detik. Kemudian, dihomogenkan dan biasanya diisi ke dalam botol atau kaleng yang ditutup dengan segel kedap udara.
Kaleng kemudian dilewatkan melalui ruang uap dan dipanaskan kembali sampai 113-130 derajat Celsius selama kurang lebih 10-12 menit. Setelah itu kaleng didinginkan dengan cepat untuk menghindari degradasi termal lebih lanjut.
Perbedaan Susu Beruang, Susu UHT dan Pasteurisasi (540009)
searchPerbesar
Susu beruang yang
Sementara susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan susu yang dipanaskan dengan suhu 135 derajat Celsius selama 2-4 detik. Pada susu UHT, semua bakteri --baik yang berbahaya maupun tidak, dimatikan tanpa menghilangkan nutrisi dan gizi dalam susu tersebut.
ADVERTISEMENT
"Proses pengolahan susu UHT dengan suhu tinggi dinilai mampu mematikan bakteri patogen, sehingga susu menjadi steril," kata dr. Jovita Amelia, Sp.GK., Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Ciputra Hospital Citra Garden City, Jakarta Barat kepada kumparanMOM, Minggu (4/7).
Bagaimana dengan susu pasteurisasi?
Susu pasteurisasi dipanaskan dengan suhu rendah, yaitu sekitar 72-85 derajat Celsius selama 10-15 detik. Tujuannya, untuk mengurangi jumlah organisme yang bisa menjadi penyebab penyakit dan memperlambat pertumbuhan mikroba susu.
Dengan perbedaan proses ini, apakah khasiat salah satu susu jadi berbeda dengan susu lainnya?
Perbedaan Susu Beruang, Susu UHT dan Pasteurisasi (540010)
searchPerbesar
Ilustrasi susu steril yang banyak dikenal dengan sebutan susu beruang Foto: Shutterstock
Ternyata tidak, Moms! Menurut dr.Jovita, susu steril, susu UHT, dan susu pasteurisasi memiliki kandungan yang tidak berbeda sehingga sama-sama memiliki manfaat untuk tubuh.
ADVERTISEMENT
"Prinsipnya sama, sih. Mesti jaga imun tubuh salah satunya dengan makanan yang bernutrisi. Susu itu salah satu sumber nutrisi karena mengandung protein, vitamin-vitamin, kalsium, dan mineral. Nah, jadi susu, tidak termasuk susu kental manis ya, bisa membantu kita memenuhi kebutuhan nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama masa pandemi," tutup dr. Jovita.