Mom10 September 2020 10:54

Perkembangan Janin yang Normal Bulan Kelima Kehamilan

Konten Redaksi kumparan
Perkembangan Janin yang Normal Bulan Kelima Kehamilan (201173)
janin - NOT COV Foto: Shutterstock
Perkembangan janin mungkin menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas di masa kehamilan Anda. Ya Moms. mengetahui perkembangan yang normal pada janin dari bulan ke bulan adalah sesuatu yang menyenangkan.
ADVERTISEMENT
Misalnya seperti apa bentuk janin, bagaimana ia bergerak, apakah pertumbuhannya sehat atau tidak, dan masih banyak lagi. Rasa penasaran ini memang wajar dirasakan oleh ibu hamil. Sehingga, tak ada salahnya untuk mencari tahu.
Nah Moms, untuk mengatasi rasa ingin tahu Anda, berikut kumparanMOM rangkum tentang perkembangan janin yang normal pada bulan kelima kehamilan.
Perkembangan Janin yang Normal Bulan Kelima Kehamilan (201174)
Ilustrasi janin usia 5 bulan. Foto: Shutterstock

Perkembangan Janin yang Normal saat Bulan Kelima Kehamilan

1. Indra Pengecap Janin Berkembang

Di awal bulan kelima atau pada minggu ke-21 kehamilan Anda, indra pengecap janin sudah berkembangdengan baik, Moms. Ia sudah bisa merasakan makanan yang Anda makan juga. Sebab, makanan Anda akan membumbui cairan ketuban yang menjadi cairan nutrisinya.

2. Bergerak Lebih Aktif

Pada saat ini, Anda harus mempersiapkan diri untuk tidak terkejut setiap kali bayi di dalam kandungan Anda bergerak. Sebab, si kecil terasa seperti sedang berlatih seni bela diri di dalam perut Anda. Dia bisa menendang dan mendorong perut Anda dari dalam.
ADVERTISEMENT

3. Indra Pendengaran Berkembang

Di minggu ke-22 kehamilan, bayi Anda mungkin sudah bisa mendengar suara samar-samar dari dalam kandungan. Misalnya suara pernapasan Anda, detak jantung, dan suara pencernaan.
Selain itu, ia juga bisa mendengar suara dari luar rahim lho, Moms. Menariknya, si kecil akan menanggapinya dengan cara berputar di dalam perut atau menendang.

4. Organ di Wajah Berkembang

Moms, di bulan kelima kehamilan, bentuk wajah bayi Anda sudah sedikit lebih jelas, yakni terlihat dari alis dan kelopak matanya yang mulai terbentuk namun belum berpigmentasi.
Perkembangan Janin yang Normal Bulan Kelima Kehamilan (201175)
Janin Foto: Pixabay

5. Sistem Pernapasan Janin Lebih Baik

Pada minggu ke-24 kehamilan, janin Anda sudah tumbuh besar dan memiliki kantung pernapasan di ujung cabang terkecil paru-paru yang nantinya akan menjadi tempat di mana pertukaran oksigen dengan karbondioksida ketika dia lahir.
ADVERTISEMENT

6. Otak Bayi Tumbuh Pesat

Jika Anda ingin menstimulasi tumbuh kembang otaknya, inilah saat yang tepat untuk memulainya, Moms. Ya, di akhir bulan kelima kehamilan Anda, perkembangan otak janin tumbuh dengan pesat. Gelombang otaknya sudah mirip dengan pola bayi baru lahir.
Ia juga sudah bisa mengetahui perbedaan antara suara ibu dan ayahnya. Selain itu, jika Anda berulang kali memainkan musik yang ringan, dia ternyata bisa terus mengingatnya sampai setelah dilahirkan.