Mom
·
22 September 2020 12:04

Perkembangan Janin yang Normal di Bulan Kedelapan Kehamilan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perkembangan Janin yang Normal di Bulan Kedelapan Kehamilan (2200)
ilustrasi janin - NOT COV Foto: Shutterstock
Saat hamil, Anda mungkin selalu penasaran dengan perkembangan janin di setiap bulannya. Ya, apalagi jika sudah memasuki trimester ketiga kehamilan, Anda pasti sudah tidak sabar bertemu si kecil yang sebentar lagi lahir.
ADVERTISEMENT
Nah, daripada Anda semakin penasaran dan selalu menebak-nebak sendiri, lebih baik mencari tahu selengkapnya. Untuk memudahkan Anda, berikut kumparanMOM rangkum beberapa fakta terkait perkembangan janin yang normal di bulan kedelapan kehamilan.
Perkembangan Janin yang Normal di Bulan Kedelapan Kehamilan (2201)
janin Foto: Shutterstock

6 Perkembangan Janin yang Normal di Bulan Kedelapan Kehamilan

1. Janin sudah Bisa Mencium

Di awal minggu ke-33, umumnya kemampuan janin Anda akan berkembang pesat, termasuk indra penciumannya. Tapi, karena di dalam rahim tidak ada udara, bayi pun belum bisa mencium apapun. Namun, paru-paru si kecil sudah berkembang pesat pada masa ini.

2. Kulit Bayi Menjadi Lembut

Di akhir minggu ke-32, pembuluh darah bayi mungkin sudah berada di bawah kulitnya sehingga tampak kemerahan. Nah, di minggu ke-33 kehamilan Anda, kulit janin sudah tidak terlalu merah dan transparan. Kulitnya perlahan berubah lebih lembut dan halus. Sebab saat ini ia sudah mulai mempersiapkan diri untuk kelahiran.
ADVERTISEMENT

3. Bayi Siap Lahir

Jika Anda merasa gugup tentang persalinan prematur, Anda akan senang mengetahui bahwa bila harus lahir kurang bulan, maka bayi berusia 34-37 minggu kehamilan umumnya tidak memiliki gangguan kesehatan. Selain itu, lapisan-lapisan lemak kini sudah mengisi tubuh si kecil, seperti membuat perutnya lebih berisi.
Perkembangan Janin yang Normal di Bulan Kedelapan Kehamilan (2202)
Ilustrasi janin usia 8 bulan. Si kecil sudah punya paru-paru dan ukuran tubuhnya sebesar nanas. Foto: Shutterstock

4. Fisik Bayi Lebih Terlihat

Sebagian besar perkembangan fisik janin dasarnya sekarang sudah lengkap, dan dia tinggal menunggu kelahirannya. Lalu, ginjalnya pun mulai berkembang sepenuhnya sekarang.

5. Cairan Vernix Muncul

Di usia kehamilan 36 minggu, sebagian besar rambut halusnya dan zat lilin atau vernix di tubuhnya sudah mulai tumbuh untuk melindungi kulitnya. Zat ini akan membantunya meluncur ke bawah jalan lahir. Vernix akan hilang saat bayi dimandikan untuk pertama kalinya.
ADVERTISEMENT

6. Bayi Sudah Bisa Buang Air Besar di Rahim

Pada minggu ini, ia juga sudah mulai menghasilkan mekonium atau kotoran bayi yang keluar saat sistem pencernaannya telah sempurna. Zat ini berwarna hitam kehijauan gelap yang terbuat dari sel-sel kulit mati, lanugo dan ekskresi dari usus, hati, dan kandung empedu.