Mom17 September 2020 11:58

Perkembangan Janin yang Normal di Bulan Ketujuh Kehamilan

Konten Redaksi kumparan
Perkembangan Janin yang Normal di Bulan Ketujuh Kehamilan (631210)
ilustrasi janin - NOT COV Foto: Shutterstock
Sebagai calon orang tua baru, Anda dan pasangan mungkin selalu penasaran dengan perkembangan janin di dalam kandungan. Mulai dari bagaimana bentuk kepalanya, seperti apa perkembangan tubuhnya, hingga kapan semua organ-organ tersebut mulai berfungsi.
ADVERTISEMENT
Apalagi bila Anda sudah memasuki bulan ketujuh kehamilan. Di saat ini, normalnya semua organ penting si kecil sudah tumbuh dan mulai bekerja layaknya bayi yang akan segera lahir. Nah, penasaran bagaimana perkembangan janin yang normal pada masa ini? Berikut kumparanMOM rangkum informasinya untuk Anda, Moms.
Perkembangan Janin yang Normal di Bulan Ketujuh Kehamilan (631211)
Ilustrasi janin usia 7 bulan. Panjang tubuhnya sekitar 40 cm dan beratnya sekitar 1 kg. Foto: Shutterstock

7 Perkembangan Janin yang Normal di Bulan Ketujuh Kehamilan

1. Tulang Bayi Bertambah Kuat

Memasuki bulan ketujuh kehamilan, atau sekitar minggu ke-29, bayi di dalam kandungan Anda sedang aktif-aktifnya menyerap banyak kalsium untuk membuat tulangnya bertambah kuat. Sebab ada sekitar 250 miligram kalsium akan tersimpan dalam tubuh bayi Anda setiap harinya. Jadi Anda memerlukan makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi.

2. Ujung Cabang Paru-paru Berkembang

Pada saat ini juga, kantung pernapasan di ujung cabang paru-paru janin Anda mulai membuat zat yang disebut surfaktan. Kondisi ini membuat paru-paru si kecil menggelembung ketika tidak ada banyak udara.
ADVERTISEMENT

3. Bayi Melihat Cahaya

Pada minggu ke-30 kehamilan, bayi di dalam kandungan Anda umumnya sudah bisa melihat cahaya, sehingga pupil matanya bisa mengerut dan mengembang. Nah, untuk menstimulasi gerakan matannya ini, cobalah sesekali sorot cahaya senter ke perut Anda, ia pun akan tahu bahwa ada cahaya yang masuk ke perut.
Perkembangan Janin yang Normal di Bulan Ketujuh Kehamilan (631212)
Ilustrasi janin Foto: Shutterstock

4. Memutar Kepala

Di usia kandungan ini, bayi Anda sudah bisa memutar kepalanya dari satu sisi ke sisi lain lho, Moms. Lengan, kaki, dan tubuhnya mulai menggemuk, sebab lemak yang dibutuhkan sudah menumpuk di bawah kulitnya. Tak heran, bila dilihat dengan USG, janin Anda tampak seperti bayi yang siap untuk dilahirkan.

5. Janin Banyak Bergerak

Pada minggu ke-31 kehamilan, bayi Anda mungkin akan banyak bergerak, jadi mungkin Anda akan kesulitan tidur karena akan sering merasakan tendangan si kecil. Tapi tenang, semua gerakan ini menandakan bahwa ia adalah anak yang aktif dan sehat.
ADVERTISEMENT

6. Pembuluh Darah Ada di Bawah Kulit

Pembuluh darah kapiler di bawah jaringan kulitnya mulai dialiri darah, sehingga kulit janin kemerah-merahan, tidak lagi pucat. Sistem saraf pusat terutama otak juga berkembang pesat pada usia ini. Sehingga anak Anda sudah bisa merasakan sakit juga.

7. Memiliki Setengah dari Berat Lahir

Di akhir bulan ketujuh atau di minggu ke-32 kehamilan Anda, janin Anda akan mendapatkan sepertiga sampai setengah dari berat kelahirannya selama tujuh minggu ke depan sebelum hari perkiraan lahirnya.