Mom
·
15 Oktober 2019 14:07

Perlukah Bayi Pakai Kacamata Hitam?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perlukah Bayi Pakai Kacamata Hitam? (18226)
kacamata hitam untuk bayi bukan sekadar aksesoris Foto: Shutterstock
Lucunya melihat bayi pakai kacamata hitam di siang hari, seperti halnya Anda. Sangat bergaya! Tapi selain untuk 'lucu-lucuan' saja, apakah ia benar-benar membutuhkannya?
ADVERTISEMENT
Menurut Dr. D.A.N. Candra Sari, SpM, atau yang akrab disapa dr Dian mengatakan, baik orang dewasa dan bayi butuh kacamata hitam lho, Moms. Sebab, kacamata hitam atau sunglasses berfungsi menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan.
“Bila aktifitas dilakukan saat sinar matahari terik, memang disarankan pakai sunglasses untuk UV protection,” ungkap dr Dian saat dihubungi kumparanMOM melalui pesan singkat WhatsApp, pada Senin (14/10).
Perlukah Bayi Pakai Kacamata Hitam? (18227)
bayi pakai kacamata hitam Foto: Shutterstock
Paparan sinar matahari, kerap disebut-sebut punya efek buruk terhadap mata. Di antaranya, meningkatkan risiko katarak dan kanker mata. Kemudian, menatap matahari secara langsung dengan mata telanjang bisa menyebabkan kerusakan pada retina atau disebut retinopati surya. Meski begitu, dr Dian mengungkap belum ada laporan butuk akibat dari UV ini secara lengkap.
ADVERTISEMENT
“Tapi memang, sinar UV mempunyai efek kurang baik terhadap kesehatan mata,"tambah dokter yang berpraktik di RS Khusus Mata SMEC Jakarta, ini.
“Sinar UV dilaporkan mempercepat kejadian katarak, pterigium, degenerasi makula dan dikaitkan juga dengan kanker (terutama bila punya bakat kanker). Keadaan tersebut bukan karena UV saja tapi banyak faktor, paparan UV meningkatkan resiko kejadian di atas,” jelasnya.
Jadi, pada prinsipnya baik pada bayi, anak hingga dewasa tetap perlu dilindungi dari paparan UV dengan cara menggunakan kacamata hitam. Meski demikian, Anda tidak perlu membelikan kacamata bayi dengan harga selangit kok, Moms.
Perlukah Bayi Pakai Kacamata Hitam? (18228)
bayi pakai kacamata hitam Foto: Shutterstock
Tapi sesuaikan dengan budget Anda. dr Dian menambahkan, yang terpenting adalah pilih sunglasses untuk bayi yang nyaman, tidak berat, tidak mudah patah dan tidak mudah tergores. Anda juga bisa memilih lensa dengan bahan polikarbonat karena memiliki fitur UV protection dan tahan gores. Serta pilih kacamata hitam yang dapat menahan minimal 95 persen radiasi UVA dan 99 persen UVB.
ADVERTISEMENT
Selain menggunakan kacamata hitam, penting pula untuk mengoleskan tabir surya atau sunscreen pada bayi, Moms. Tabir surya bisa Anda berikan pada bayi di atas 6 bulan untuk melindungi kulitnya dari sinar matahari serta menjaga kulit dari bahaya UVA dan UVB.