kumparan
23 Januari 2020 16:38

Posisi Tidur yang Baik di Awal Kehamilan

wanita tidur.jpg
Posisi tidur yang baik di awal kehamilan berpengaruh pada kesehatan, tumbuh kembang dan keselamat bayi dalam kandungan Foto: Shutterstock
Ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh calon ibu. Posisi tidur yang baik sejak awal kehamilan merupakan salah satunya. Ya Moms, saat hamil, Anda mungkin tidak akan merasa nyaman lagi dengan posisi tidur yang jadi favorit Anda sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Semua terkait dengan berbagai perubahan pada tubuh ibu hamil. Bukan cuma soal kenyamanan, posisi tidur selama masa kehamilan juga sangat berpengaruh pada kesehatan, tumbuh kembang bahkan keselamatan bayi yang ada di dalam kandungan. Sebab, posisi tidur yang tidak tepat dapat merugikan kesehatan janin!
Ilustrasi Tidur
Ilustrasi ibu hamil tidur miring ke kiri. Foto: Shutterstock
Mengutip laman resmi The American Pregnancy Association, posisi tidur terbaik sejak awal hingga akhir kehamilan adalah posisi "SOS". Apa maksudnya?
SOS adalah singkatan Sleeping on Side yang bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, artinya Tidur Miring. Para ahli juga berpendapat, akan lebih baik bila ibu hamil tidur miring ke kiri.
Tentu saja bukan tanpa alasan, Moms. Tidur miring ke kiri ternyata dapat meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta dan bayi Anda. Ini baik untuk tumbuh kembangnya.
ADVERTISEMENT
Saat tidur miring ke kiri, cobalah jaga agar kaki dan lutut tetap tertekuk, dan letakkan bantal di antara kedua kaki Anda.
Ilustrasi tidur.
Ilustrasi tidur tengkurap yang sebaiknya tidak lagi dibiasakan sejak awal kehamilan. Foto: pixabay/Wokandapix
Selain posisi tidur terbaik, ada juga posisi tidur yang sebaiknya Anda hindari sejak awal masa kehamilan. Yaitu posisi tidur telentang!
Alasannya? Posisi tidur telentang dapat menyebabkan masalah dengan sakit punggung, pernapasan, sistem pencernaan, wasir, tekanan darah rendah hingga menyebabkan penurunan sirkulasi udara ke jantung dan bayi Anda.
Hal ini terjadi karena dalam posisi telentang, perut Anda bertumpu pada usus dan pembuluh darah utama (aorta dan vena cava).
Tidur tengkurap sebaiknya juga dihindari meski di awal kehamilan perut Anda belum terlalu besar. Gunanya untuk membiasakan diri saat nanti perut Anda semakin membuncit dan tidak mungkin bisa tidur tengkurap lagi.
Ibu hamil tidur.
ilustrasi Ibu hamil tidur dengan posisi terbaik sejak awal kehamilan. Foto: Shutterstock
Memang, bisa saja Anda tanpa sadar berubah posisi tidur di tengah malam. Ini tidak masalah. Tapi segeralah mengatur posisi ke kiri setiap kali Anda menyadarinya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, mungkin saja posisi tidur terbaik di awal kehamilan ini tidak sepenuhnya terasa nyaman untuk Anda. Tak usah patah semangat atau bingung. Tetap coba biasakan, Moms. Secara bertahap, Anda mungkin akan segera merasakan manfaatnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan