kumparan
search-gray
Mom29 Juli 2020 16:50

Ragam Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Bersama Anak di Rumah

Konten Redaksi kumparan
Ragam Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Bersama Anak di Rumah (221664)
Ilustrasi Tanaman Hias Daun Foto: Dok. Shutterstock
Berkebun hingga membeli tanaman hias untuk diletakkan di dalam rumah kini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat, baik tua maupun muda. Ya Moms, bahkan selama pandemi virus corona, ada sebagian orang tua yang ikut sertakan anak mereka dalam aktivitas yang menyenangkan tersebut.
ADVERTISEMENT
Bagaimana dengan Anda? Bagi Anda yang tak memiliki ruang cukup di luar rumah untuk berkebun, mungkin mencari tanaman hias bisa jadi pilihan. Dengan adanya tanaman hijau di dalam rumah, maka suasana di dalamnya pun akan terasa makin sejuk dan asri.
Terlebih, kebanyakan tanaman hias indoor ini cara perawatannya tak sesulit yang dibayangkan. Pada umumnya, tanaman hias tidak membutuhkan asupan air atau cahaya matahari yang banyak. Karena berbagai tanaman hias akan lebih tahan lama saat tak mendapatkan cukup asupan cahaya matahari. Anda pun cukup merawat atau menyiraminya sesekali dalam seminggu.
Nah Moms, kira-kira tanaman hias indoor apa saja yang mudah Anda rawat bersama anak, ya? Berikut ini kumparanMOM merangkumnya, seperti dikutip dari Young Parents.
Ragam Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Bersama Anak di Rumah (221665)
Ragam Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Bersama Anak di Rumah. Foto: Shutter Stock

7 Jenis Tanaman Hias Indoor yang Mudah Perawatannya

1. Monstera

Ragam Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Bersama Anak di Rumah (221666)
Ilustrasi Tanaman Monstera Foto: Dok. Shutterstock
Monstera menjadi salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer menjadi penghias ruangan di rumah. Salah satu hal menarik dari monstera adalah bentuk daunnya yang lebar, serta terdapat lubang-lubang pada helai daunnya sehingga terlihat indah.
ADVERTISEMENT
Tanaman ini pun mudah ditanam di segala tempat, baik dalam cuaca dingin maupun panas. Kendati semakin mendapatkan sinar matahari atau cahaya, monstera akan tumbuh dengan baik, namun sebaiknya Anda dapat menempatkan jenis tanaman ini di tempat yang teduh atau lembap.

2. Dracaena

Ragam Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Bersama Anak di Rumah (221667)
Tanaman Dracaena. Foto: Shutter Stock
Meski namanya terdengar asing, salah satu jenis tanaman ini juga tak memerlukan cahaya sinar matahari langsung. Sebab, dracaena dapat bertahan hidup dengan cahaya minim. Bahkan, tanaman ini dinilai dapat menyaring polusi udara atau gas-gas berbahaya.

3. Daun mint

Ragam Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Bersama Anak di Rumah (221668)
Daun mint. Foto: Shutter Stock
Daun mint adalah salah satu tanaman yang mudah tumbuh, bahkan di ruangan teduh sekalipun. Selain dapat menjadi dekorasi ruangan yang akan memberikan nuansa menyegarkan, aroma dari daun mint ini rupanya tak disukai serangga. Ya Moms, itu artinya, tanaman ini bisa jadi salah satu cara untuk mengusir serangga di rumah.
ADVERTISEMENT

4. Lidah mertua (Sansevieria atau Snake Plant)

Ragam Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Bersama Anak di Rumah (221669)
Tanaman lidah mertua Foto: Shutterstock
Salah satu jenis tanaman yang memiliki nama unik ini juga disukai banyak orang. Lidah mertua sendiri dapat tumbuh di dengan baik di segala kondisi. Namun, Anda tetap disarankan untuk dapat menyiraminya sesekali dalam seminggu.
Tak hanya sebagai penghias ruangan semata, lidah mertua juga berfungsi menyaring udara. Tanaman ini akan mengeluarkan oksigen di malam hari dan meningkatkan kualitas udara di rumah.

5. Peace lily

Ragam Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Bersama Anak di Rumah (221670)
Peace lily. Foto: Shutter Stock
Siapa bilang tanaman yang memiliki bunga tak dapat bertahan hidup di dalam ruangan alias indoor? Ya, Peace lily adalah salah satu jenis tanaman yang dapat bertahan di dalam ruangan dengan pencahayaan sedang hingga rendah. Itu artinya, hindari meletakkan peace lily di bawah sinar matahari langsung, ya, Moms.
ADVERTISEMENT
Selain itu, peace lily juga dapat membantu menyaring udara di dalam ruangan, lho, Moms. Namun, jangan lupa untuk tetap merawatnya dengan cara menyiram dan beri sedikit demi sedikit percikan air di daunnya agar tetap lembap.

6. Spider plant

Ragam Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Bersama Anak di Rumah (221671)
Tanaman Spider Plant Foto: Shutterstock
Spider plant atau chlorophytum comosum juga salah satu tanaman yang dapat menyaring udara di dalam rumah. Anda pun disarankan untuk meletakkannya di ruangan yang tak langsung terkena sinar matahari karena bisa merusak daunnya. Ya, Anda sebaiknya meletakkannya di luar ruangan pada malam hari karena tanaman ini tetap bisa mendapatkan oksigen.

7. Sri rezeki (aglaonema atau chinese evergreen)

Ragam Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat Bersama Anak di Rumah (221672)
Sri rezeki atau tanaman aglaonema. Foto: Shutter Stock
Kenapa dinamakan sri rezeki? Karena jenis tanaman ini dianggap dapat membawa keberuntungan keluarga Anda, Moms. Maka tak heran, sri rezeki juga salah satu tanaman yang banyak disukai banyak orang. Tempatkanlah tanaman ini di ruangan dengan intensitas cahaya rendah sehingga tak terpapar oleh matahari langsung.
ADVERTISEMENT
*****
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu sesama. Yuk, bantu donasi sekarang!