kumparan
5 Mei 2018 16:10

Sebetulnya, Amankah Tisu Basah untuk Bayi?

Ilustrasi tisu basah pada anak
Ilustrasi tisu basah pada anak (Foto: Thinkstock)
Tisu basah bisa jadi salah satu barang wajib yang selalu ada, di dalam tas perlengkapan bayi Anda. Pasalnya, tisu basah bisa digunakan sebagai pengganti air, terlebih kala Anda dan si kecil sedang bepergian. Meski praktis, tapi apakah aman anak bayi menggunakan tisu basah?
ADVERTISEMENT
Dikutip dari lama The Health Site, sebenarnya penggunaan tisu basah memang sama efektifnya dengan penggunaan air. Namun perlu dicatat, Anda harus mencari tisu basah yang benar-benar dikhususkan untuk bayi.
Dari banyak jenis tisu basah, yang khusus untuk bayi dimaksudkan karena kandungannya sudah disesuaikan dan aman untuk kulit bayi. Namun, dalam pemakaiannya, perhatikan reaksi dari kulit bayi Anda, Moms. Untuk bayi yang memiliki kulit normal, tisu basah tidak akan menimbulkan efek samping apa-apa.
Tisu Basah
Tisu Basah (Foto: Shutter Stock)
Namun, tidak demikian bagi bayi pemilik kulit sensitif. Ditandai dengan kulit yang memerah maupun timbul bintik-bintik merah beberapa waktu setelah pemakaian. Bila sudah begitu, ada baiknya jika Anda segera menyudahi penggunaan tisu basah.
Jika Anda takut kulit anak jadi iritasi, air bisa menjadi pilihan yang paling tepat jika ingin membersihkan bokong maupun organ lain bayi, saat mengganti popok. Ini dikarenakan air sangat aman digunakan dan tidak berisiko menyebabkan iritasi pada kulit bayi, Moms.
ADVERTISEMENT
Jadi, Anda pilih yang mana, Moms? Air atau tisu basah? Yuk, bagikan pendapat Anda di kolom komentar
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan