Mom
·
21 November 2020 14:18

Sekolah Boleh Buka di Januari 2021, Ini 5 Hal yang Perlu Orang Tua Tahu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sekolah Boleh Buka di Januari 2021, Ini 5 Hal yang Perlu Orang Tua Tahu (43903)
Sekolah anak. Foto: Shutterstock
Pemerintah baru saja mengumumkan soal kebijakan sekolah pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi corona. Dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tersebut, pemerintah memutuskan untuk memperbolehkan Pemda setempat kembali membuka sekolah di bulan Januari 2021.
ADVERTISEMENT
Hal itu diumumkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim dalam siaran virtual di YouTube Kemendikbud, Jumat (20/11).
"Kami sudah melakukan evaluasi dan kami melihat situasi pada hari ini bahwa hanya 13 persen sekolah yang melaksanakan tatap muka. Selain itu, di zona kuning dan hijau yang sebenarnya sudah dibolehkan tatap muka, ternyata banyak sekali sekolah-sekolah yang belum melakukannya karena beberapa faktor," kata Nadiem.
"Hal ini menunjukkan bahwa proses untuk persiapan protokol sekolah tatap muka itu membutuhkan waktu dan disiplin tinggi," tambahnya.
Sekolah Boleh Buka di Januari 2021, Ini 5 Hal yang Perlu Orang Tua Tahu (43904)
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Puspa Perwitasari/ANTARA FOTO
Lantas, seperti apa aturan sekolah tatap muka yang disarankan pemerintag?
Untuk mengetahui lebih jelas seputar informasi sekolah yang diperbolehkan buka per Januari 2021, berikut kumparanMOM merangkum poin-poinnya untuk Anda.
ADVERTISEMENT

Pertimbangan Keputusan Sekolah Boleh Dibuka

Sekolah Boleh Buka di Januari 2021, Ini 5 Hal yang Perlu Orang Tua Tahu (43905)
Ilustrasi sekolah tatap muka. Foto: REUTERS/Yen Duong
Moms, perlu diketahui bahwa penyesuaian kebijakan ini diambil sesuai hasil evaluasi yang dilakukan bersama kementerian dan lembaga terkait, masukan dari para kepala daerah, serta berbagai pemangku kepentingan di bidang pendidikan yang menyatakan bahwa walaupun pembelajaran jarak jauh sudah terlaksana dengan baik, tetapi terlalu lama tidak melakukan pembelajaran tatap muka akan berdampak negatif bagi anak didik.
Kendala tumbuh kembang anak serta tekanan psikososial dan kekerasan terhadap anak yang tidak terdeteksi juga turut menjadi pertimbangan, terutama di daerah-daerah terpencil.
"Ada risiko learning loss atau hilangnya pembelajaran secara berkepanjangan yang berisiko terhadap pembelajaran jangka panjang, baik kognitif maupun perkembangan karakter," jelas Nadiem.
Ya, atas pertimbangan itulah, sekolah boleh dibuka, namun bukan berarti diwajibkan.
ADVERTISEMENT
"Ingat, sekolah boleh dibuka, tapi bukan berarti wajib," tegas Nadiem.

Peta Zonasi Tak Lagi Menentukan Sekolah Boleh Dibuka atau Tidak

Sekolah Boleh Buka di Januari 2021, Ini 5 Hal yang Perlu Orang Tua Tahu (43906)
Seorang siswa SD dengan masker di wajahnya berjalan meninggalkan sekolah usai melakukan pendaftaran ulang pada hari pertama sekolah di Jayapura, Papua. Foto: Gusti Tanati/ANTARA FOTO
Jika sebelumnya hanya sekolah di zona hijau dan kuning saja yang boleh dibuka, kini peta zonasi wilayah penyebaran corona tak lagi berlaku.
"Peta zonasi risiko tidak lagi menentukan pemberian izin tatap muka, tapi pemda yang menentukan dengan cara yang lebih gradual," kata Nadiem dalam jumpa pers virtual, Jumat (20/11).
Nadiem menjelaskan, melalui SKB 4 Menteri terbaru, zonasi corona dari Satgas COVID-19 kini sudah tak berlaku. Ya Moms, Pemda terkaitlah yang akan menentukan apakah sekolah di daerahnya boleh dibuka atau tidak. Bila diizinkan dibuka, maka Pemda harus berkoordinasi dengan Kepala Sekolah dan orang tua lewat komite sekolah.
ADVERTISEMENT

Bila Orang Tua Tidak Mengizinkan, Anak Tetap Bisa Belajar di Rumah

Sekolah Boleh Buka di Januari 2021, Ini 5 Hal yang Perlu Orang Tua Tahu (43907)
ibu menemani anak belajar Foto: Shutter Stock
Sama dengan keputusan sebelumnya, orang tua masih memegang kendali penuh tentang boleh tidaknya anak masuk sekolah untuk belajar tatap muka. Itu artinya, apabila sekolah si kecil sudah dibuka namun Anda belum mengizinkan, maka anak tetap boleh belajar di rumah dan tidak terkena sanksi.
"Kalau pun sekolah dibuka, bahwa orang tua masih bisa tidak memperkenankan anaknya ke sekolah. Hak terakhir masih di orang tua," tegas Nadiem.

Syarat Sekolah Boleh Dibuka

Sekolah Boleh Buka di Januari 2021, Ini 5 Hal yang Perlu Orang Tua Tahu (43908)
anak cuci tangan di sekolah Foto: Shutterstock
Meskipun boleh dibuka, namun keamanan dan keselamatan peserta didi, guru, warga sekolah dan keluarga di rumah tetap harus diutamakan. Oleh sebab itu, ada beberapa syarat sekolah boleh melakukan pembelajaran tatap muka, yaitu:
ADVERTISEMENT
  • Tersedia sarana sanitasi dan kebersihan. Mulai dari toilet, fasilitas cuci tangan dan disinfektan.
  • Mampu mengakses fasilitas kesehatan
  • Kesiapan menerapkan wajib makser
  • Memiliki thermo gun
  • Memiliki pemetaan satuan pendidikan untuk tahu siapa yang punya komorbid, tidak punya transportasi yang aman, dan emiliki riwayat perjalanan dari daerah dengan tingkat risiko COVID-19 yang tinggi atau riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif COVID-19 dan belum menyelesaikan isolasi mandiri.
  • Adanya persetujuan komite sekolah dan orang tua wali.

Protokol Kesehatan saat Pembelajaran Tatap Muka

Sekolah Boleh Buka di Januari 2021, Ini 5 Hal yang Perlu Orang Tua Tahu (43909)
Ilustrasi anak memakai masker Foto: Shutterstock
Nah Moms, saat pembelajaran tatap muka dilaksanakan, maka sekolah harus selalu berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan. Apa saja?
  • Harus menjaga jarak minimal 1,5 meter.
  • Jumlah maksimal peserta didik per ruang kelas untuk PAUD adalah 5 dari standar 15 peserta didik, pendidikan dasar dan menengah adalah 18 dari standar 36 peserta didik dan SLB adalah 5 dari standar 8 peserta didik.
  • Sistem bergiliran rombongan belajar atau shifting ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan.
  • Menggunakan masker kain 3 (tiga) lapis atau masker sekali pakai/masker bedah.
ADVERTISEMENT
  • Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.
  • Menerapkan etika batuk/bersin.
  • Sehat dan jika mengidap comorbid, harus dalam kondisi terkontrol.
  • Tidak memiliki gejala COVID-19, termasuk pada orang yang serumah dengan warga sekolah.
  • Kantin tidak diperbolehkan buka.
  • Tidak ada kegiatan ekstrakurikuler.
Nah Moms, itu tadi beberapa informasi terbaru seputar sekolah tatap muka di semester genap 2020/2021. Bagaimana menurut Anda? Lebih baik masih belajar dari rumah atau mencoba menerapkan sekolah tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat?