Mom11 September 2020 21:23

Seks Bisa Jadi ASI Booster, Mitos atau Fakta?

Konten Redaksi kumparan
Seks Bisa Jadi ASI Booster, Mitos atau Fakta?  (1510899)
Ilustrasi berhubungan seks saat menyusui. Foto: Shutterstock
Banyak ibu menyusui mengonsumsi ASI booster. Misalnya dalam bentuk vitamin, obat herbal hingga teh dan camilan yang diklaim dapat meningkatkan produksi ASI. Tapi ada juga yang disebut-sebut bisa jadi booster ASI meski bukan berbentuk makanan atau minuman, yaitu berhubungan seks!
ADVERTISEMENT
Ya Moms, beberapa orang percaya kalau hubungan seks juga dapat meningkatkah produksi ASI. Tapi benar enggak, sih? Atau sekadar mitos belaka?

Seks Bisa Melepaskan Hormon Produksi ASI

Seks Bisa Jadi ASI Booster, Mitos atau Fakta?  (1510900)
Ilustrasi orgasme Foto: Shutterstock
Dilansir Romper, belum ada bukti yang mendukung pernyataan bahwa berhubungan seks berdampak langsung terhadap suplai ASI Anda. Tapi bisa dipastikan bisa membantu meningkatkan hormon utama dalam memproduksi ASI yakni oksitosin.
Oksitosin dilepas ketika Anda sedang orgasme. Selain itu, hormon oksitosin adalah hormon yang sama ketika terjadi let-down reflex yakni refleks ibu untuk mengeluarkan ASI dalam payudara. Ketika menyusui, payudara umumnya menjadi lebih lembut dan lebih sensitif dari biasanya. Sehingga Anda mungkin lebih cepat terangsang berkat kenaikan hormon dan sentuhan yang dilakukan pasangan Anda.
ADVERTISEMENT

Tergantung Psikologis Ibu

Seks Bisa Jadi ASI Booster, Mitos atau Fakta?  (1510901)
Ilustrasi ASI. Foto: Shutter Stock
Banyak atau tidaknya produksi ASI setelah berhubungan seks, sangat bergantung pada kondisi psikologis ibu. Sebab setiap ibu memiliki pemikiran yang berbeda tentang seks saat menyusui. Mungkin saja Anda tidak menikmati sesi bercinta dengan suami, sehingga menjadi stres dan malah menghambat produksi ASI.
Penyebab stresnya bisa karena kelelahan, tidak nyaman karena takut bayi terbangun, atau malu karena ASI bocor saat berhubungan seksual. Oleh karena itu, cobalah untuk memakai bra untuk menghindari semburan ASI. Busa bra bisa menahan ASI yang keluar sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Selain itu, Anda juga bisa mengurangi jumlah ASI di payudara Anda sebelum memulai sesi bercinta.

Seks Tidak Selalu Menyenangkan

Seks Bisa Jadi ASI Booster, Mitos atau Fakta?  (1510902)
Seks tidak selalu menyenangkan. Foto: Shutterstock
Saat Anda menyusui, tubuh Anda menghasilkan lebih sedikit estrogen. Sehingga vagina Anda lebih kering dari biasanya. Hal ini saja membuat Anda tidak nyaman ketika akan penetrasi. Nyeri pada puting payudara bisa membuat Anda tidak nyaman selama suami menyentuh bagian tersebut. Jadi bicarakan dulu sebelum bercinta dengan suami.
ADVERTISEMENT
Tapi bila Anda enggan untuk berhubungan seks, Anda bisa melakukan kegiatan lain yang bisa menjadi booster ASI untuk Anda. Yakni melakukan berbagai aktivitas yang intim bersama suami.
Mulai menghabiskan waktu bersama seperti mengobrol, berciuman atau bercumbu tanpa penetrasi, melakukan foreplay dengan cara yang baru, berbagi peran dengan suami dalam mengurus anak, atau dengan cara "me time" nih, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white