kumparan
search-gray
Mom24 Juli 2020 16:15

Selain Seru, Ini Manfaat Bermain Finger Painting untuk Anak

Konten Redaksi kumparan
Selain Seru, Ini Manfaat Bermain Finger Painting untuk Anak (213519)
Ilustrasi anak bermain finger painting. Foto: Shutter Stock
Setelah beberapa bulan berada di rumah akibat pandemi corona, beberapa orang tua, mungkin saja sudah kehabisan ide untuk mengajak anak bermain. Ya Moms, di saat-saat seperti ini, sebagai orang tua, kita memang dituntut harus lebih kreatif agar si kecil tidak merasa bosan selama di rumah.
ADVERTISEMENT
Salah satu permainan yang bisa Anda coba untuk dimainkan bersama si kecil adalah finger painting. Selain menyenangkan, seni melukis mengunakan jari tangan ini rupanya memiliki banyak manfaat untuk anak.
Selain Seru, Ini Manfaat Bermain Finger Painting untuk Anak (213520)
Festival Hari Anak Live Hari Kedua bersama Cussons Kids & Carex. Foto: kumparan

Manfaat Bermain Finger Painting untuk Anak

Psikolog Anak, Remaja dan Keluarga, Irma Gustiana, M.Psi., Psi mengatakan, kegiatan corat-coret yang dilakukan anak Anda adalah sebuah dorongan natural atau alami. Untuk itu, sebagai orang tua kita harus bisa memfasilitasinya, salah satunya dengan bermain finger painting.
"Bisa mengasah kemampuan koordinasi motoriknya. Jadi jari jemarinya lebih luwes, lebih fleksibel. Anak juga bisa mengembangkan imajinasi dan kreasi. Ia bisa mengenal konsep warna karena ada banyak warna yang digunakan," kata Irma dalam sesi Mom Playdate di acara 'Festival Hari Anak Hari Kedua bersama Cussons Kids & Carex' yang digelar kumparan pada Jumat (24/7).
Selain Seru, Ini Manfaat Bermain Finger Painting untuk Anak (213521)
Ilustrasi anak bermain finger painting. Foto: Shutter Stock
Founder dari Ruang Tumbuh tersebut juga menambahkan, finger painting juga bisa sebagai salah satu wadah anak untuk mengekspresikan apa yang ia rasa melalui lukisan yang dibuatnya. Selain itu, manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangannya lebih baik lagi.
ADVERTISEMENT
"Efeknya pada saat proses pembelajaran formal di sekolah. Jadi, yang berkaitan dengan baca dan tulis anak-anak bisa lebih terlatih dan optimal," pungkasnya.
Lantas, di usia berapakah anak sudah bisa diajak untuk melakukan kegiatan ini?
Irma menuturkan bahwa sebenarnya sejak anak berusia 2-6 tahun, ia sudah bisa dikenalkan dengan kegiatan finger painting. Karena, di usia ini anak biasanya sedang senang melakukan kegiatan corat-coret, entah itu dengan media kertas atau bahkan di tembok rumah.
"Jadi, kita fasilitasi saja dengan kegiatan finger painting ini sebagai salah satu medianya," tutupnya.
Nah Moms, selain kegiatan bermain finger painting, ada banyak lagi acara menarik yang bisa Anda saksikan di acara Festival Hari Anak bersama Cussons Kids dan Carex. Yuk, saksikan video lengkapnya di sini.
ADVERTISEMENT