Mom
·
4 Desember 2020 10:00

Seperti Apa Janin 10 Minggu, Ibu Hamil Perlu Tahu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Seperti Apa Janin 10 Minggu, Ibu Hamil Perlu Tahu (15918)
searchPerbesar
Ilustrasi Janin Minggu ke-10 Foto: Shutter Stock
Sudah 10 minggu ibu melewati masa kehamilan, artinya tinggal setengah jalan lagi melewati trimester pertama. Meski ibu hamil belum tampak menonjol perutnya, di usia ini bayi di dalam kandungan telah mengalami banyak perkembangan, lho.
ADVERTISEMENT
Misalnya, pada usia 10 minggu janin umumnya sudah sebesar buah stroberi dengan panjang sekitar 3 centimeter dan berat sekitar 3,96 gram. Walau ukurannya masih kecil, di minggu ini lah si calon bayi resmi menjadi janin dan bukan lagi embrio.
Apa lagi yang kiranya perlu Ibu ketahui?

Perkembangan Janin 10 Minggu

Janin di usia 10 minggu sudah bisa menutup mata. Di usia ini kelopak mata bayi mulai menutup hingga usia mereka memasuki 27 minggu. Dilansir Baby Center, pada usia ini gigi janin juga sudah mulai mengeras dan terhubung ke tulang rahang.
Seperti Apa Janin 10 Minggu, Ibu Hamil Perlu Tahu (15919)
searchPerbesar
Ilustrasi usg bayi 10 minggu. Foto: Getty Images
Dalam usia ini, dahi janin untuk sementara akan membengkak karena otaknya sedang mulai berkembang. Sehingga, jika melakukan USG, kepalanya akan terlihat lebih besar daripada tubuhnya. Anda juga sudah mulai bisa melihat telinga, lubang hidung, dan mulut si kecil lho Moms.
ADVERTISEMENT
Jadi, jika ibu memeriksa kandungan menggunakan USG, janin sudah terlihat seperti bayi. Tulang dan tulang rawan juga mulai terbentuk, lekukan kecil di kakinya sudah berkembang menjadi lutut dan pergelangan. Lengan dan sikunya juga sudah bisa aktif bergerak.

Yang Ibu Hamil Rasakan saat Janin Berusia 10 Minggu

Saat janin menginjak usia 10 minggu, ligamen dan otot perut ibu mulai meregang. Dikutip The Bump, beberapa ibu juga akan mengalami nyeri ligamen perut. Jadi, jangan kaget jika Anda mulai merasakan sakit dan nyeri perut, itu perubahan normal karena janin terus bertumbuh.
Selain itu, payudara ibu juga akan mulai terasa lebih besar dan akan sedikit sakit saat janin sudah berusia 10 minggu. Ini terjadi karena payudara mempersiapkan diri untuk menampung ASI ya Moms.
Seperti Apa Janin 10 Minggu, Ibu Hamil Perlu Tahu (15920)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu hamil mual Foto: Shutterstock
Beberapa ibu juga akan mulai merasakan kelelahan, mual dan muntah, ngidam dan membenci makanan, mulas dan pencernaan terganggu, kembung, keputihan, sakit kepala sesekali, hingga vena yang terlihat.
ADVERTISEMENT

Yang Perlu Ibu Hamil Lakukan saat Janin Berusia 10 Minggu

Hal yang paling penting, ibu harus tetap tenang dan bahagia. Mengapa? Karena di minggu ini ibu mulai merasa ada perubahan hormon, sehingga emosi Anda bisa jadi tidak stabil. Kemudian, jika ibu sering mual, lebih baik jauhi pemicunya.
Dilansir What to Expect, ibu hamil yang sudah mencapai usia kehamilan 10 minggu harus mulai mengkonsumsi vitamin D, karena di minggu ini gigi bayi mulai bertunas di bawah gusi. Sehingga Anda bisa berkonsultasi dengan dokter agar diresepkan vitamin tersebut. Bisa juga makan makanan yang mengandung banyak vitamin D, seperti ikan hingga produk susu.